Ahli K3 Umum Pekanbaru

ahli k3 umum pekanbaruAhli K3 Umum Pekanbaru – Keselamatan dan kesehatan Kerja (K3) pada suatu perusahaan adalah sesuatu yang penting, tidak hanya untuk seluruh perusaahaan Dunia tetapi juga untuk perusahaan di Indonesia baik di Kota Besar sepeti Jakarta, Surabaya, Pekanbaru maupun kota kecil sekalipun.

Dalam dunia kerja, perusahaan diharuskan untuk menerapkan persyaratan K3 untuk mengurangi kecelakaan dan penyakit yang timbul akibat pekerjaan. Berangkat dari masalah ini, Pemerintah Republik Indonesia sendiri telah menerapkan beberapa regulasi mengenai hal ini sebagai upaya dalam realisasi mengurangi serta pencegahan kecelakaan dan resiko kerja dengan begitu keamanan kerja terjaga sehingga profit meningkat lalu perusahaan mendapatkan image baik di masyarakat. Hal tersebut setidaknya dapat kita lihat pada UU nomor 1 tahun 1992 kemudian diperjelas oleh Peraturan Kementerian Ketenagakerjaan nomor  2 tahun 1992 yang mengatur mengenai tata cara penunjukkan dan wewenang Ahli K3 Umum.

Ahli K3 umum adalah

Ahli k3 umum adalah tenaga kerja dengan keahlian khusus dari luar Departemen Tenaga Kerja yang ditunjuk oleh Menteri Tenaga Kerja untuk mengawasi agar UU Keselematan kerja ditaati. Dengan bahasa lainnya, profesi ini semacam perpanjangan tangan pemerintah dalam mengawasi terhadap segala proses pekerjaan yang disesuaikan dengan UU yang berlaku.
Bagi perusahaan yang memiliki jumlah karyawan 100 orang atau lebih, atau mempunyai resiko pekerjaan yang tinggi diwajibkan memiliki P2K3 dan setidaknya seorang Ahli umum k3. Dengan adanya hal ini diharapkan dapat mengurangi resiko dan insiden, baik itu kecelakaan maupun penyakit akibat kerja.

Tugas ahli K3 umum

Selain memastikan semua proses pekerjaan pada suatu perusahaan tidak bertabrakan dengan UU yang berlaku di Indonesia. Tugas ahli k3 umum lainnya adalah menjelaskan hak pekerja dalam keselamatan dan kesehatan kerja hingga mengetahui proses audit dan ruang lingkupnya untuk mengukur tingkat pencapaian perusahaan.

Gaji ahli K3 umum

Melihat kebutuhan akan profesi ini yang banyak dibutuhkan oleh perusaahan maka tak sedikit orang berbondong-bondong mengambil sertifikasi agar bisa menjadi seorang ahli yang bersertifikat. Jika melihat fenomena banyaknya yang berbondong-bondong mengambil sertifikasi ini tentunya kebanyakan kita akan penasaran dengan gaji dari seorang ahli k3 umum ini.

Gajinya ini bervariasi tergantung pada perusahaan apa ia bekerja dan seberapa besar kemungkinan resiko pada perusaahan tempat ia berkerja. Selain itu, status sertifikasi dan pengalaman juga menentukan. Tentunya sebagai junior yang bekerja pada bidang ini memiliki penghasilan berbeda dengan yang sudah senior.

Pelatihan ahli k3 umum

Untuk menjadi seorang ahli k3 umum tidaklah mudah sebab tidak sembarang orang bisa. Profesi ini memiliki kualifikasi tertentu kemudian harus melalui beberapa test agar bisa dinyatakan sebagai seorang ahli. Test ini biasanya dilakukan oleh lembaga yang memiliki legalitas melalui pelatihan sertifikasi. Pelatihan ini digunakan untuk untuk mengetahui dan mengukur sejauh apa tingkat kompetensi di bidang ini sehingga dapat sertifikat untuk bukti bahwa sudah lolos pengujian.

Karna namanya pelatihan sertifikasi tentu kita akan mendapatkan setifikat sebagai bukti. Di Indonesia ada  3 lembaga yang mengeluarkan sertifikat ini, yaitu Kementrian Ketenagakerjaan. Melalui pelatihan sertifikasi seperti ini, diharapkan peserta mendapatkan pengetahuan dan kemampuan kompetensi secara profesional dibidang keselamatan dan kesehatan kerja (K3) antaranya sebagai berikut;

  1. Pemenuhan akan perundangan dan persyaratan lainnya,
  2. Penyelesaian masalah k3 di tempat kerja,
  3. Konstribusi dalam Penerapan Sistem Manajemen ,
  4. Kontribusi untuk implementasi proses konsultasi,
  5. Identifikasi bahaya dan risiko K3,
  6. Dukungan Terhadap Pelaksanaan Strategi Pengendalian Risiko,
  7. Konstribusi dalam Pengendalian Bahaya,
  8. Konstribusi penerapan prinsip kesehatan kerja untuk mengendalikan risiko
  9. Penerapan prinsip Higiene Industri untuk mengendalikan risiko
  10. Kontribusi terhadap Identifikasi Bahaya dan Penilaian Risiko

Biaya pelatihan

Untuk biaya pelatihan ini ini juga sangat bervariasi tergantung pihak penyelenggara dan materi apa saja yang disediakan hingga berapa lama pelatihan akan dilakukan. Standarnya sebuah perusahaan penyelenggara mengadakan pelatihan selama 120 jam pelajaran atau sekitar 12 hari dengan berbagai macam materi dan range harga pelatihannya mulai dari 6.000.000 juta keatas. Tetapi 1 hal yang harus anda pastikan ketika mengikuti pelatihan adalah bahwa sertifikat yang didapatkan dari pelatihan tersebut dapat dijadikan bahan pertimbangan untuk karir anda kedepannya.

Tags: