9 Tips Desain Interior Untuk Rumah Minimalis

Rumah berukuran kecil atau minimalis saat ini masih menjadi favorite terlebih bagi mereka dengan keluarga kecil, baru menikah atau memiliki budget terbatas. Keterbatasan ruang terkadang menjadikan kita malas untuk melakukan dekorasi atau eksperiment terhadap rumah kita. Padahal jika jeli, banyak sekali ide kreatif yang bisa dikembangkan sehingga dapat menambah estetika hunian.

Sebelum kita membahas tentang ide kreatif yang bisa kita kembangkan untuk desain interior rumah sebaiknya kita bahas dulu apa itu konsep hunian minimalis.

Konsep rumah ini mulanya dipengaruhi oleh paham aliran dari Jepang lalu diadapatasi oleh Artisitek kebangsaan Amerika kemudian konsep ini berkembang pesat di Amerika tepatnya di London dan New York.

Setidaknya ada 2 poin penting untuk sebuah rumah minimalis ;

  1. Konsep Memaksimal Area

Kebanyakan orang mengira bahwa konsep minimalis adalah konsep sederhana alias minim padahal sebenarnya tidak sepenuhnya benar. Konsep ini pada dasarnya memiliki bentuk yang disesuaikan dengan fungsinya. Dengan kata lain konsep ini adalah konsep yang memaksimalkan area dengan fungsinya.

  1. Bentukan kotak, polos dan minim ornamen

Ciri khas dari sebuah hunian minimalis adalah kebanyakan bentukn kotak mengikuti bentuk dasar dak, polos dan sangan minim akan ornamen dengan maksud agar nilai kesederhanaan hunian bisa terwujud.

Tips desain interior

Agar hunian anda lebih terasa nyaman dan memiliki nilai ekstika yang mengusung tema minimalis, berikut 9 tips desain interior untuk rumah minimalis :

Jangan terlalu banyak warna

Pemilihan warna cat untuk dinding sebuah hunian minimalis haruslah minim dan konsep monokrom sangat sesuai untuknya.

Optimalisasi penggunaan sekat antar ruang

Open Concept adalah salah satu konsep untuk rumah ini sehingga ciptakan ruangan yang bebas sekat. Jika ingin pakai sekat juga, mungkin bisa memanfaat perabotan.

Dekorasi yang Simple

Less is more, ini lah point untuk hunian. Penggunaan funitur atau dekorasi juga harus se simple mungkin. Poin penting untuk tema dekorasi minimalis ini adalah luas dengan jumlah furnitur serta minim ornamen dan berfokus pada pemilihan warna-warna lembut maupun pastel serta permainan tekstur yang akan menghidupkan suasana.

Pencahayaan

Teruntuk gaya hunian minimalis, tata cahaya adalah sesuatu penting. Apakah itu cahaya buatan yang berasal dari lighting atau pencahayaan dari sinar matahari. Pencahayaan dapat memberikan kesan kenyaman akan hunian. Pemilihan jendela, pintu ventilasi yang banyak bisa dipertimbangkan. Hal ini bisa berdampak pada tingkat kelembaban di rumah.

Taman untuk Kesegaran Rumah

Penambahan taman pada hunian juga akan memperkaya konsep minimalis. Akan tetapi konsep taman dan ini tamanan apa yang akan digunakan dikembalikan kepada pemilik rumah. Perhatikan juga luas area ketika membangun taman tersebut.

Material Ramah Lingkungan

Selain penggunaan warna dengan ide monokrom. Ide lain untuk hunian minimalis ini adalah menggunakan material yang ramah lingkungan seperti kayu, besi dan lain lain. Perlu diingat pengunnaan material ini harus diimbangi dengan dasar ide dari yaitu minim ornamen.

Berkreasi dengan barang multifungsi

Karna ide dasar  hunian ini adalah simple mungkin untuk pemilihan funitur harus disesuai dengan luas ruangan dan disini anda bisa menggunakan kreatifitas anda untuk membuatnya tepat guna sekaligus memperindah rumah anda. Contoh laci rahasia. Penciptaan laci rahasia ini berfungsi memaksimalkan ruangan tersisa agar dapat difungsikan dengan baik. Disini kreatifitas sangat diperlukan untuk mencari spot dalam membuat laci rahasia. Bisa saja area bawah tangga di jadikan ruangan penyimpanan barang atau anak tangga dijadikan laci penyimpanan sepatu dan lain sebagainya.

Mirror, Mirror on the Wall

Karena rumah minimalis ini adalah hunian tergolong sempit maka perlu carikan funitur yang bisa digunakan untuk interior yang membuat rumah mu jauh lebih luas. Seperti penggunaan cermin, cermin akan memberikan ilusi rumah anda lebih juga dan memberikan kesan elegan pada sudutnya.

Dinding serbaguna

Memaksimalkan fungsi area hunian dengan pemanfaatan tembok atau dinding juga bisa dilakukan. Misalnya di jadikan sebagai kebun vertikal dilahan terbatas selain mempercantik, tumbuhan juga bisa memberikan kesegaran dan konsep natural bagi rumah anda.

Tags: