Bangun Pondasi Pekanbaru

Bangun Pondasi Pekanbaru – Dalam membangun sebuah bangunan entah itu rumah, gedung ataupun yang lainnya pondasi adalah pointpenting dari bangunan tersebut. Pada dasarnya pondasi itu ibarat sebuah kaki sehingga dibutuhkan kaki kuat dan kokoh untuk dapat menopang badan. Begitu juga, sebuah pondasi harus baik, kuat dan kokoh sehingga bisa menopang sebuah bangunan.

Perencanaan dalam membangun harus dipikirkan, terlebih pada titik crusialseperti pilar ini. Perencanaan tidak baik dalam membuat hunian dapat menghasilkan resiko misalnya pilar yang tidak baik, tidak kokoh maka bisa saja berimbas kepada bangunan retak, amblas dan lainnya yang sangat merugikan pemilik. Mengingat pentingnya pondasi sebagai pijakan bagi rumah, maka kita perlu untuk membuat pilar yang kokoh untuk bangunan sehingga dapat menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Saat ini, baik di Indonesia terlebih kota besar seperti Pekanbaru sudah banyak kita temui jasa yang menawarkan bangun pondasi. Tinggal kita saja bagaimana menentukan jasa mana yang akan digunakan.

Pondasi ruko

Dalam membangun pilar bangunan apakah itu pondasi ruko, gedung, atau lainnya.  Ada hal hal yang perlu di perhatikan agar bangunan tersebut menjadi kuat :

  1. Ukuran

Lakukan pengukuran kedalam sehingga ukurannya tepat. Ukuran yang tepat akan menjadikannya memiliki kekuatan maksimal.

  1. Pemilihan bahan dasar

Pemilihan bahan dasar seperti batu bata atau batu kali hingga rasio campuran pasir, semen dan kerikil anda harus mengetahuinya dengan baik agar pondasi kokoh.

  1. Kondisi Tanah

Selain dua hal diatas, kondisi dan situasi tanah tempat pilar ini dibangun harus juga dipikirkan. Apakah bangunan berada pada kondisi tanah datar, rawa/lembek, bekas timbunan , lereng dan lain sebagainya.

Setidaknya tiga poin dasar ini bisa diperhatikan agar pilar yang didirikan kokoh ,kuat dan sesuai dengan yang diharapkan dan bangunan kita bisa berumur panjang.

Pondasi rumah

Beda bangunan, beda pula pijakan bangunannya.Untuk pondasi rumah ada macam-macam jenis pijakannya. Berikut macam-macam jenis pilar rumah berdasarkan ketegorinya :

  1. Kategori dangkal/ cetek

Kategori ini bisa dipakai untuk basicbangunan yang dangkal dengan beban bangunan tidak terlalu besar dan kondisi tanah yang rata meski dengan berbagai kondisi. Adapun jenisnya seperti ;

  1. Tapak
  2. Pelat Beton Lajur
  3. Tikar
  4. Sumuran
  5. Umpak
  6. Strauss Pile
  1. Kategori Dalam

Kategori ini bisa dipakai untuk basic bangunan yang dalam dengan beban bangunan cukup besar sehingga diharapkan mampu menahan beban dengan berbagai kendalanya. Adapun jenisnya seperti ;

  1. Tiang Pancang
  2. Bore Pile
  3. Piers

Biaya pondasi

Biaya pondasi itu beragam dan banyak faktor yang digunakan untuk perhitungannya. Mulai dari biaya berdasarkan volume tanah, biaya tukang, biaya bahan bahkan kondisi dan tingkat kesulitan membangun juga jadi bahan pertimbangan.

Harga pondasi

Untuk harga pasti sendiri tidak ada standarnya. Setiap jasa dan jenis bangunan berbeda satu dengan lainnya. Tapi, ada cara yang biasanya dipakai untuk menghitung harga pembuatannya salah satunya perhitungan biaya dengan volume  dari kondisi tanah.

Biasanya rumus yang digunakan adalah ;

Rumus Volume podasi = luas penampang x jumlah panjang.

Dimana luas penampang didapatkan dari (Luas penampang) = (Lebar Atas Pondasi + Lebar Bawah Pondasi) x tinggi pondasi : 2

Kemudian jumlah panjang dinding didapatkan dari BPHTP atau (Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan)  dimana Jumlah Panjang pondasi = jumlah panjang dinding

Selanjutnya hasil volume ini akan dikalikan dengan harga material,tukang untuk pengerjaannya dan lain sebagainya.

Harga borongan

Sebenarnya tidak jauh perbedaan harga memakai sistem borongan maupun harian. Letak perbedaannya yang sangat terlihat adalah dari segi waktu sebab sistem harian itu harus benar-benar dikata awasi karna molor hari akan bertambah biaya sedangkan borongan biasa mereka menarget kapan selesai dan diawasi oleh seorang mandor. Akan tetapi meskipun diawali oleh mandor, kita sebagi pemilik tetap harus menjadwalkan kunjungan pengawasan karna ynag namanya borongan tentunya menginginkan pekerjaannya cepat selasai takutnya malah asal kerja dan hasilnya tidak seperti yang diharapkan.

Info Pemesanan WA / TELP 0823 47 900 800

Tags: