4 Cara Buka Usaha Catering Rumahan

Portal UKM – Cara Buka Usaha Catering Rumahan, Usaha dalam bidang kuliner bisa kita lihat saat ini cukup berkembang dengan pesat, terbukti banyak sekali jenis jajanan baru yang hadir. Mereka yang bergerak dalam bidang usaha makanan ini berusaha mencari ide kreatif untuk menciptakan menu handalan mereka agar para konsumen bisa tertarik. Apalagi dengan kemajuan teknologi yang ada semakin memudahkan dalam proses memasarkannya.

Catering di Pekanbaru, Pelaku bisnis makanan ini tidak putus asa jika tidak mampu membuka warung makan karena membutuhkan modal besar untuk sewa tempat sehingga usaha catering menjadi alternatif pilihan. Dimana jenis usaha ini lebih bisa dikatakan memberikan pelayanan untuk pesanan makanan dan minuman sesuai kebutuhan pemesan baik itu untuk acara pesta, atau pesanan dari kantor.

Bisnis ini bisa dikatakan sebuah peluang usaha yang cukup menjanjikan bagi ibu rumah tangga yang memiliki kemampuan memasak, apalagi tidak membutuhkan modal banyak dalam memulainya. Jika kamu seorang ibu Rumah Tangga dan mempunyai skill dalam memasak banyak jenis makanan, maka tidak ada salahnya kamu mencoba Buka Usaha Catering Rumahan.

Usaha Catering Rumahan ini merupakan jenis usaha pemesanan makanan dimana melayani hingga 100 pesanan. Jenis pesanan yang dilayani bisa saja seperti makan siang karyawan, untuk arisan, nasi box, pengajian dan kegiatan lainnya.

Di zaman serba instan saat ini, banyak orang memilih anti ribet ketika membuat sebuah acara salah satu dalam menyediakan makanan. Mereka lebih memilih memesan ketimbang menyiapkan sendiri, karena harus menghabiskan waktu untuk membeli bahan dan memasaknya. Karena itulah, bisa dikatakan ini adalah peluang usaha untuk anda.

Bisnis rumahan seperti ini terlihat mudah dan gampang, tapi asal anda tahu banyak sekali tantangan di dalamnya ketika memulainya jika tidak tahu cara. Kebanyakan orang putus di tengah jalan dan menyerah, untuk itu penting sekali anda tahu bagaimana memulai bisnis ini agar bisa tetap eksis dan bertahan dalam banyaknya persaingan.

Langkah Buka Catering Rumahan

Berikut beberapa cara yang bisa kamu perhatikan ketika hendak membuka usaha catering rumahan :

Melakukan Riset

Agar usaha kamu bisa mendapatkan banyak orderan tentu saja kamu harus memiliki strategi dan persiapan matang. Sebelum memulai bisnis apapun penting sekali melakukan riset pasar. Kamu harus melakukan survei terhadap pasar seperti melihat tingkat persaingan, target konsumen serta mencari supplier.

Melihat tingkat persaingan adalah hal cukup penting anda riset, kita harus melihat seberapa besar kira-kira peluang kamu bisa sukses dalam usaha ini. Kamu harus bisa menawarkan menu berbeda dari apa yang tengah beredar di pasaran. Jangan sampai kamu menawarkan menu yang sudah banyak di pasaran sehingga kemungkinan kamu bisa bersaing itu sangat kecil.

Sedangkan target konsumen juga harus kamu riset yakni siapa yang akan menjadi pelanggan kamu apakah anak kost-kostan atau kantoran. Lalu Supplier juga penting kamu pertimbangkan, pasalnya merekalah yang akan memenuhi kebutuhan anda terhadap bahan baku. Kamu harus memastikan supplier tersebut menyediakan bahan baku dengan kualitas baik dan selalu menyediakan. Jangan sampai kamu tidak memiliki bahan baku untuk di olah sedangkan ada pesanan.

Menyiapkan Modal dan Perlengkapan

Meskipun ini usaha rumahan dan tidak membutuhkan banyak modal di dalamnya tetap saja kamu harus menyiapkan modal awak dan perlengkapan perang. Apa saja perlengkapan yang dibutuhkan untuk catering kamu, misalnya box untuk wadah meletak makanan yang sudah masak dan keranjang ketika pengantaran. Kamu harus menyiapkan hal tersebut agar memudahkan kamu dalam pekerjaan.

Mencari pelanggan

Langkah selanjutnya adalah mencari pelanggan, tidak memungkinkan kamu memiliki bisnis namun tidak ada pelanggan yang membeli. Sebagai langkah awal kamu bisa menawarkan kepada kerabat, tetangga atau teman terlebih dahulu sebelum bisnis kamu bisa besar. Sejatinya usaha bisa besar memang harus di awali dengan kecil dan sederhana dulu.

Melakukan Promosi

Promosi adalah hal selanjutnya yang bisa membantu bisnis anda dikenal banyak orang. Tanpa promosi tentu saja orang tidak akan tahu dengan bisnis anda. Saat ini banyak sekali media atau wadah bisa anda gunakan untuk promosi seperti banyaknya media sosial.

Anda bisa mempromosikan usaha kamu melalui akun instagram, facebook atau media sosial lainnya. Dalam melakukan promosi ini tentu saja anda harus mengemas konten semenarik mungkin agar orang tertarik dengan produk anda.

Nah, itulah cara sederhana yang bisa anda coba ketika hendak membuka Usaha Catering Rumahan. Setiap usaha apapun yang kita lakukan tentu saja akan ada kendalanya, intinya bagaimana kita tetap bisa menghadapi kendala tersebut dan tetap bertahan agar bisa sukses.

Tags: