Cara Jualan Sayuran di Rumah

Portal UKM – Sayuran termasuk menjadi salah satu hal yang paling penting dalam kehidupan, karena saat ini sayuran sudah menjadi salah satu kebutuhan primer atau pokok yang bisa dapat mendukung kelangsungan hidup dalam sebuah keluarga.

Sayuran biasanya digunakan sebagai bahan masakan setiap hari, karena sudah menjadi makanan pokok, terutama di negara berkembang termasuk Indonesia. Dan saat ini seiring berjalannya waktu orang-orang sudah tau pentingnya mengkonsumsi sayuran setiap hari, dan karena itu menyebabkan permintaan sayuran menjadi meningkat setiap harinya.

Ada banyak jenis sayuran yang rasanya sangat lezat jika diolah, selain lezat sayuran ini juga memiliki gizi yang tinggi untuk kebutuhan nutrisi tubuh kita.

Melihat tingginya permintaan sayur setiap harinya, maka sangat menguntungkan jika kita membuka usaha jualan sayur, dan untuk ibu rumah tangga bisnis ini lebih baik dilakukan di rumah saja, untuk meminimalkan waktu dan tempat, selain itu juga ibu bisa tetap melakukan tugas ibu sebagai ibu rumah tangga di samping membuka usaha menjual sayur.

Nah, ini serangkaian cara yang tepat dilakukan jika ingin melakukan jualan sayur di rumah:

  1. Siapkan Lapak Jualan di Rumah Anda

Agar Anda bisa menjajakan sayuran Anda, Anda harus menyediakan lapak yang cukup luas, selain itu Anda juga harus memperhatikan kerapian dan kebersihan lapak Anda, sehingga Anda bisa menjual dan menjajakan sayur-sayuran Anda dan mengemas nya dengan rapi sehingga memudahkan pembeli untuk memilih sayuran yang mereka inginkan, dan pastikan jika Anda menyediakan berbagai macam sayuran yang berkualitas.

  1. Perhatikan Kemasan

Biasanya jika kemasan yang digunakan bagus, rapi dan bersih akan menjadi daya tarik tersendiri bagi para ibu untuk membeli sayur di tempat Anda, karena walau bagaimanapun juga orang-orang pasti akan menganggap bahwa sesuatu yang dikemas dengan baik dan bersih akan mempunyai nilai yang baik pula, begitupun dengan gizi yang terkandung dalam sayuran yang dikemas dengan sebaik mungkin.

  1. Pelayanan yang Baik

Pelayanan yang baik ini juga termasuk ramah tamah terhadap calon pembeli dan sabar terhadap segala tingkah laku pembeli yang terkadang mereka hanya banyak bertanya dan pada akhirnya ternyata tidak membeli sama sekali, karena jika Anda sabar itu akan menimbulkan image yang baik di mata pelanggan kita nantinya.

Namun, yang banyak kita jumpai pada seorang pedagang adalah mereka banyak yang ketus dan cuek terhadap calon pembeli yang seolah menunjukkan bahwa mereka tidak perlu membeli di tempat Anda atau mereka berlagak seolah mereka tidak memerlukan customer, dan hal inilah nanti yang akan membuat bisnis Anda menjadi tidak lancar, karena image Anda sudah buruk di hadapan pelanggan.

Nah untuk itu saya sarankan kepada Anda sebagai pedagang, Anda harus bisa mengerti sebuah pepatah yang menyebutkan bahwa “Pembeli adalah Raja”.

  1. Sayur Sebaiknya Dibeli dalam Jumlah yang Banyak Sekaligus

Untuk mengurangi biaya akomodasi, Anda sebaiknya membeli sayuran sekaligus dalam jumlah banyak, jika sudah begitu, Anda harus memastikan sayuran yang dibeli itu bisa bertahan lama.

Dan tentunya untuk membeli sayuran dalam jumlah yang tidak sedikit Anda perlu menyediakan tempat penyimpanan yang baik, supaya sayuran itu bisa awet dan tetap berkualitas. Dan untuk meningkatkan usaha sayuran Anda semakin pesat sebaiknya Anda membelinya secara Grosiran, dengan begitu Anda tidak perlu repot-repot lagi pergi ke pasar.

  1. Menjual Sayuran dengan Harga yang Mumer dan dapat Dijangkau

Anda harus menyediakan tempat penampung beragam jenis sayur segar dengan kualitas dan mutu yang baik serta dengan harga yang bisa dijangkau oleh pembeli.

Karena, apabila kualitas sayur anda bagus maka itu akan menjadi nilai tambah dan akan menjadikan Anda sebagai tempat langganan ibu-ibu di sekitar Anda.

  1. Menyediakan Freezer

Kulkas atau mesin pendingin sangat dibutuhkan untuk digunakan sebagai tempat penyimpanan sayur mayur agar bisa bertahan lebih lama, karena jika sayurnya baru di petik atau masih fresh itu akan menjadi daya tarik untuk para ibu agar membelinya, sebab sayuran yang segar biasanya memiliki nilai gizi yang lebih tinggi dan juga bisa meningkatkan aroma dan rasa dari menu masakan yang dibuat.(Nailil)

Tags: