Contoh UKM (Usaha Kecil dan Menengah) di Bidang Otomotif

Salah satu jenis UKM yang mempunyai prospect tinggi dan menjanjikan adalah usaha di bidang otomotif, hal ini karena kebutuhan akan kendaraan bermotor yang semakin meningkat, hal ini bisa diketahui dari semakin banyaknya jumlah kendaraan di jalan raya.

Peluang usaha bidang otomotif motor dan mobil ini bisa menjadi sumber ide bisnis yang potensial. Usaha yang berhubungan dengan kendaraan ini ke depannya akan memberikan prospect dan keuntungan yang lumayan besar. Buktinya bengkel mobil maupun motor bertebaran hampir di setiap sudut jalan. Untuk yang hobi dengan otomotif sangat cocok jika menjalankan usaha ini.

Bisnis otomotif terbagi menjadi 3:

  1. Ide peluang usaha di bidang jasa otomotif
  2. Ide peluang usaha di bidang jual beli kendaraan (Show room atau Dialer)
  3. Ide peluang bisnis di bidang industri otomotif

Sebelum membahas beberapa contoh usaha yang mempunyai masa depan yang menjanjikan di bidang ini, kita akan membahas tentang mengapa otomotif memiliki keuntungan atau potensi yang sangat besar, alasannya adalah:

  1. Karena penyebaran dan pasar nya sangat luas.

Jumlah pemilik dan pengguna kendaraan di Indonesia setiap tahunnya mengalami peningkatan. Peningkatan ini terjadi bukan hanya di daerah kota besar saja, namun juga di daerah kecil atau pedesaan.

  1. Fungsi kendaraan bermotor sekarang bukan hanya sekadar sebagai alat transportasi saja namun juga sudah menjadi bagian dari gaya hidup (lifestyle).

Faktor gengsi dan tidak mau kalah dari sebagian manusia menyebabkan mereka membeli motor atau mobil baru untuk menunjukkan status sosial mereka di tengah masyarakat, dan tak jarang orang kaya punya banyak mobil mewah hanya untuk pamer saja.

  1. Setiap tahun pasti ada model kendaraan terbaru yang menarik minat pembeli.

Karena faktor gengsi kebanyakan orang tergiur untuk menukar kendaraan lamanya dengan kendaraan model terbaru.

  1. Kemudahan untuk memiliki kendaraan bermotor.

Saat ini banyak jasa keuangan memberikan syarat DP ringan bagi orang yang ingin membeli kendaraan dengan kredit, dengan DP 5 juta saja kita bisa membawa pulang mobil mewah untuk dipamerkan kepada tetangga, urusan menyicil dipikirkan belakangan.

Daftar Peluang Usaha

Daftar peluang usaha di bidang otomotif yang bisa menjanjikan banyak keuntungan di masa depan, diantaranya:

Bengkel atau Service Mesin Mobil dan Motor

Usaha ini biasanya melayani service yang ringan, seperti ganti oli, menambal ban, mengganti radiator, dan juga melayani service berat seperti onderdil.

Jasa Montir Panggilan

Montir ini biasanya akan bekerja jika terjadi kerusakan motor atau mobil yang mendadak seperti di tengah jalan raya, daripada menggotong kendaraan ke bengkel yang mungkin akan jauh, maka kebanyakan sopir memanfaatkan jasa montir panggilan, dan bagi montir panggilan ini juga merupakan kesempatan dan peluang emas yang cukup menjanjikan keuntungan.

Bengkel Perbaikan Body Mobil (Body Repair)

Usaha ini biasanya dilakukan oleh orang yang mencintai otomotif dan sekaligus memiliki jiwa seni, karena kebanyakan bengkel body repair ini melakukan ketok magic, last teter, las chasis dan bisa juga memodifikasi bentuk kendaraan atau mobil.

Bengkel Cat Mobil

Ada bengkel yang hanya khusus melayani jasa pengecatan mobil, namun banyak juga bengkel cat mobil ini menyatu atau bergabung dengan bengkel body repair.

Jasa Salon Mobil (Body Poles)

Orang kaya yang menginginkan tampilan mobilnya semakin wah dan nyentrik, biasa menggunakan jasa salon mobil untuk memoles mobilnya.

Jasa Air Brush, Cutting Sticker Mobil Branding

Untuk menekuni usaha ini, selain harus menyukai bidang otomotif juga harus mempunyai keahlian khusus di bidang seni gambar dan melukis. Hasil pekerjaan ini biasanya kita lihat di belakang mobil truk, back truk, mobil perusahaan dan body anak geng motor dll.

Jasa Cuci Mobil dan Sepeda Motor (Doorsmer)

Jasa cuci kendaraan ini memang sudah bisa kita jumpai dimana-mana, mulai dari cuci mobil kelas bawah sampai dengan cucian mobil hidrolik, selain untuk cuci kendaraan, cuci helm juga  bisa kita tambahkan dalam daftar peluang usaha bidang otomotif ini, yang prospeknya juga lumayan bagus.

Bengkel Modifikasi Kendaraan

Bisnis jasa otomotif ini di gadang-gadang sebagai lahan paling basah untuk mencari duit, menurut beberapa sumber, konsumen tidak segan mengeluarkan biaya yang banyak untuk menyulap kendaraannya menjadi keren dan unik sesuai dengan keinginannya.

Jasa Instalasi dan Pemasangan Sound System

pemilik mobil seringkali kurang merasa puas dengan sound system bawaan pabrik yang sudah ada di dalam mobilnya, sehingga mengganti dengan custom sound system, dan bukan hanya itu, mereka juga tak jarang menambahkan efek lampu warna warni pada mobilnya, seperti pada mobil angkutan kota.(Nailil)

Tags: