Jual Aplikasi Sekolah

Jual Aplikasi Sekolah – Perubahan teknologi dan berkembangnya teknologi tentunyamemiliki dampak secara tidak langsung ke berbagai sektor termasuk dunia pendidikan. Proses digitalisasi pada pendidikan mengikuti arus teknologi juga dipastikan akan terjadi. Salah satu contoh adalah hadir sistem sekolah berbasis teknologi dimana diharapkan dengan adanya digitalisasi ini dpat memperbaiki dan meningkatkan baik dari segi kualitas maupun kuantitas pendidikan.

Pemanfaatan teknologi untuk sistem sekola tentu akan memberikan banyak manfaat positif terutama bagi civitas pendidikan. Penyampaian informasi yang cepat dan mudah diakses oleh siapa saja bisa menjadi salah satu sisi positifnya. Aplikasi digital tersebut tentu saja akan menawarkan banyak sekali kemudahan dan mampu memberikan pelayanan prima kepada seluruh civitas sekolah. Dalam mewujudkannya, sekolah haruslah memiliki sistem saling terintegrasi di dalamnya seperti Smart School.

 sistem PPDB

Mulai dari penerimaan siswa kita sudah bisa menerapkan digitalisasi didalam seperti sistem PPDB berbasis web. Dimana semua proses mulai dari pendaftaran, pembayaran hingga ujian dilakukan secara online. Dalam tingkatan negeri , pemerintah kita sudah menerapkan menggunakan sistem dan sebaiknya untuk tingkatan swasta juga bisa menerapkan nya setidaknya untuk independen dulu. Jadi, dari sini siswa yang lulus bisa datanya terintegrasi dengan aplikasi akademik .

aplikasi akademik

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, setelah proses ppdb selesai data akan terintegrasi dengan sistem akademik. Sistem akademik adalah sebuah sistem berisi informasi data akademik kesiswaan seperti data pribadi, nilai, jadwal sekolah, mata pelajaran kelas dan lain sebagainya. Untuk sistem ini bisanya langsung bisa mengambil data untuk penilaian akhir yang tertuang di rapor akhir siswa.

aplikasi spp

Ada banyak fitur inti maupun pendukung dari sebuah aplikasi smart school seperti aplikasi penerimaan siswa baru, aplikasi akademik hingga aplikasi spp. Untuk sekolah tentunya tidak asing dengan kata SPP, Sumbangan Pembinaan Pendidikan biasanya di pungut oleh pihak penanggungjawab kepada siswa setiap periodenya.  Nah, tak dapat kita pungkiri kalau spada proses ini ada kendala yang dilakukan oleh manusia sehingga keberadaan sebuah aplikasi spp tentu akan memudahkan pekerjaan ini serta semua data dapat tersimpan dengan baik dan ketika dibutuhkan akan mudah diakses dengan waktu yang cepat. Aplikasi spp ini juga bisa diintegrasi dengan Bank Mitra sehingga sekolah dapat mengurangi kesalahan data pembayaran dan duplikat data.

absensi

Dalam sekolah kehadiran siswa juga di perhitungkan sebagai dasar nilai sikap. Selain itu, loss absen juga sering terjadi baik itu guru ataupun siswa nya. Dengan adanya sistem absensi yang sudah di digitalisasikan diharapkan disipilin semua civitas sekolah bisa lebih teratur. Seperti layaknya absensi manual, aplikasi ini bisa mendata kehadiran dan memberikan sanksi tertentu jika terlambat atau tidak hadir. Sistem juga bisa langsung mengirim pesan kepada orang tua siswa terkait kehadiran anak mereka.

Aset

Selanjutnya, aset. Aset dalam sekolah sudah seharusnya di data secara baik sehingga mempermudah pihak terkait untuk mengecek kondisi serta pendataan sarana dan prasana yang tersedia. Dengan adanya sistem maka diharapkan semua informasi dan laporan bisa tersedia secara realtime.

Surat Menyurat

Tak kalah penting adalah paper and archive atau surat menyurat dalam sebuah instansi termasuk sekolah. Ada banyak jenis surat apakah itu surat masuk ataupun surat keluar. Dan hal yang paling penting adalah harus di arsipkan, dan pasti akan berimbas pada tempat penyimpan yang besar atau proses pembalasan surat yang memakan cukup banyak waktu.

Disini kembali kita menggunakan teknologi. Pemanfaatan digitalisasi sistem  bisa mempersingkat waktu dan mengurangi harus menumpuk kertas. Aplikasi ini adalah salah satu wadah yang menghubungkan setiap komponen yang ada pada sekolah, sehingga semua transaksi atau aktivitas yang ada bisa dikerjakan dengan mudah. Dalam ini juga termasuk surat menyurat dan pengarsipan.

Dengan adanya tersebut tentunya sekolah bisa mengikuti perkembangan zaman dan lebih modern dengan kualitas yang baik. Saat ini sudah banyak perusahaan besar ataupun masih skala start up menawarkan sistem seperti ini, salah satunya adalah PT. Garuda Cyber Indonesia yang bergerak pada bidang IT softwere di Pekanbaru.

Tags: