Jual Bibit Ikan Pekanbaru

Jual Bibit Ikan PekanbaruBudidaya ikan tawar adalah salah satu hal yang banyak dijadikan orang-orang sebagai peluang usaha, dan di antara mereka sudah ada yang merasakan keberhasilan tersebut. Terutamaa di Pekanbaru, dimana mempunyai potensi alam dan pasar cukup bagus untuk membudidayakan ikan tawar ini.

Portal UKM – Ketika hendak memulai membudidayakan tentu saja kita membutuhkan benih-benih unggul agar bisa sukses. Dimana benih ikan ini merupakan anak-anak ikan yang akan digunakan untuk bahan organik pada kegiatan pembudidayaan tersebut. Nah, perlu kamu ingat bahwa kualitas dari bibit ini akan menjadi penentu hasil budidaya anda.

Apabila kamu menggunakan kualitas tidak bagus, besar sekali resiko mengalami kerugian. Berbeda halnya jika kualitas bagus maka hasilnya juga akan bagus dan sukses. Sehingga memang menjadi poin penting dalam menemukan Jual Bibit Ikan Pekanbaru.

Lele

Bagi kamu yang ingin beternak Lele tentu saja membutuhkan bibitnya terlebih dahulu. Saat ini, kamu bisa dengan mudah menemukan penjualnya baik itu dari lele lokal, domba hingga phyton. Meskipun banyak penjualnya tentu saja harus mempertimbangkan beberapa hal di dalamnya seperti mencari kualitas terbaik.

Kualitas ini tentu saja akan menentukan seberapa sukses hasil anda peroleh nantinya. Nah, cara sederhana bisa kamu coba adalah melihat gerakan dari bibit yang ada. Selain melihat gerakan, kamu juga mesti memeriksa kulitnya jangan sampai itu lecet.

Dalam memilih ini memang harus hati-hati dan harus melihat beberapa kriteria. Berikut beberapa tips bisa kamu coba ketika memilih benih lele :

  1. Memastikan benihnya memang berasal dari orang atau penyedia budidayanya, karena jika langsung dari budidayanya maka kualitasnya bisa lebih terjaga.
  2. Memilih yang gerakannya lancar alias yang gerakan lancar. Jangan hanya memilih yang dengan mudah kita tangkap dengan tangan saja, karea itu diragukan kualitasnya.
  3. Selain gerakan gesit, perhatikan juga fisiknya. Carilah yang memiliki tekstur tidak lecet pada tubuhnya alias mulus dan sewarna. Warna yang baik itu hitam kemerahan atau cokelat tua.
  4. Memilih benih dengan ukuran sama, jika tidak seragam maka besar kemungkinan akan adanya kanibal. Sehingga menyebabkan ternak anda tidak berjalan sebagai harapan.
  5. Tidak ada salahnya anda bertanya terlebih dahulu terkait kondisi bibit, tujuannya jika suatu saat mengalami sakit sama bisa menanggulanginya dengan mudah. Namun, usahakan memilih dalam kondisi sehat.
  6. Memperhatikan riwayat induknya, karena induk ini memiliki pengaruh besar dalam menghasilkan bibit. Jika induknya unggul tentu saja anaknya akan mewarisi sifat tersebut atau mendapatkan genetik induknya.
  7. Carilah tempat budi daya yang mempunyai sertifikat CPIB (Cara Pembenihan Ikan Baik). Salah satu tanda baik bisa dilihat apakah pembudi dayanya memiliki sertifikat ini atau tidak.

 

Patin

Sama halnya dengan Lele, Patin juga jenis ikan tawar. Di Pekanbaru Patin ini sangat populer bahkan memiliki masakan khas dari Patin ini yaitu Gulai Asam Pedas Patin. Ketika berkunjung ke Riau maka akan sangat rugi jika tidak mencicipi masakan ini. Bahkan kuliner satu ini juga terkenal oleh orang dari luar Riau. Ada sebagian dari pelancong mencari-cari rumah makan penyedia kuliner ini.

Hal inilah menjadi faktor atau peluang usaha bagi pembudidaya Patin. Ketika hendak menemukan bibitnya tentu saja kita harus memperhatikan faktor-faktor tertentu. Ingat, carilah kualitas terbaik agar kamu bisa mendapatkan hasil baik.

Gurame

Gurame menjadi incaran banyak orang, karena olahan ikan ini sangat bervariasi. Di Pekanbaru, gurame cukup terkenal terbukti banyak rumah makan menyediakan menu Gurame. Baik itu Gurame gulai, bakar ataupun digoreng.

Hal ini menjadi peluang usaha untuk pembudidaya ikan. Sebagai peternak tentu saja anda harus mencari benin dengan kualitas bagus agar hasil ternak kamu berhasil dan terhindar dari resiko kerugian.

Nila

Nilai ini hampir sama dengan Gurame, hanya saja sedikit berbeda dari tekstur. Namun sebagian orang terkadang sulit membedakan Gurame dan Nila. Nilai ini tergolong ikan tawar cukup mudah diternakan. Sehingga harganya juga tidak terlalu mahal di pasaran dan banyak orang menyukai jenis ini, dan paling banyak hasil olahannya adalah Nila Bakar.

Bagi peternak Nila tentu saja harus menemukan benih bagus agar ternakannya juga bagus, salah satu caranya mencari tempat Jual Bibit Nila Unggul di Pekanbaru.

Baung

Baung ini juga menjadi ciri khas di Riau terutama di Pekanbaru, bahkan ada rumah makan yang menyediakan menu khusus baung. Tentu saja jika Baung tentu saja harus menemukan benih bagus agar ternakannya juga bagus, salah satu caranya mencari tempat Jual Baung unggul.

Koi

Berbeda dengan beragam jenis di atas, koi ini cocok untuk dijadikan hias karena memang jenis ikan Hias. Koi ini berasal dari bahasa jepang, bentuknya indah dan memiliki ragam mitos membuat orang suka memelihara ikan hias satu ini.

Bagi kamu ingin memilihara koi, maka temukanlah tempat penyedia atau peternak benihnya dan carilah kualitas terbaik agar koi peliharaan kamu berhasil.

Tags: