Kota Pekanbaru

Portal UMKM, Kota Pekanbaru adalah sebuah ibukota provinsi di Pulau Sumatra yang itu Riau. Wilayah yang genap berusia 235 tahun pada 2019 ini merupakan sentral ekonomi untuk wilayah pulau Sumatra.

Kecamatan di kota pekanbaru

Pekanbaru mempunyai luas wilayah sekitar 632,3 km² dengan penduduk yang menyebar di  12 kecamatan dan 83 kelurahan. Berdasarkan Perda Kota nomor 4 tahun 2003 Kecamatan yang ada di Kota Pekanbaru adalah Kecamatan Bukit Raya, Lima Puluh, Sukajadi, Marpoyan Damai, Payung Sekaki, Pekanbaru Kota, Rumbai, Rumbai Pesisir, Sail, Tampan, Senapelan dan Tenayan Raya. Namun, per September 2019 berdasarkan Perda nomor 10 tahun 2019 kecamatan di Pekanbaru bertambah menjadi 15 kecamatan. Dalam perda ini ada tiga kecamatan baru Tuah Madani, Kulim, dan Rumbai Timur. Kemudian, ada beberapa kecamatan berganti nama yaitu Kecamatan Rumbai diganti dengan nama Rumbai Barat, Kecamatan Rumbai Pesisir diganti dengan nama Kecamatan Rumbai dan Kecamatan Tampan berganti nama menjadi Kecamatan Binawidya.

Sejarah kota pekanbaru

Berbicara tentang Kota Pekanbaru tentu tak terlepas dari sejarah. Berawal dari sbeuah daerah bernama Senapelan , adalah sebuah pekan (pasar) yang berubah menjadi bandar untuk jalur lintas perdagangan serta transportasi dari pedalaman dan dataran tinggi Minangkabau ke wilayah pesisir Melaka sekitar abad ke-18.  Wilayah Senapelan ini sendiri terletak di tepian sungai Siak yang saat ini dikenal sebagai Kampung Bandar dekat Pasar Bawah, Senapelan.

Wilayah Senapelan ini tak terlepas dari peranan kekuasaan Sultan Kerajaan Siak dimana saat itu Senapelan berdasarkan data dari Besluit van Het Inlandsch Zelfbestuur van Siak No.1 tanggal 19 Oktober 1919, Senapelan menjadi bagian distrik dari Kesultanan Siak. Pada saat itu, kesultanan sika yang tengah menjabat adalah Sultan Siak ke 4 Sultan Alamuddin Syah, beliau memindahkan pusat kekuasaan Siak di Mempura ke Senapelan pada tahun 1762 demi menghindari campur tangan Belanda terhadap kerajaan Siak.  Pusat kekuasaan Siak di Senapelan inilah yang disebut dengan Pekanbaru yang berarti Pasar yang baru. Resminya pada tanggal 23 Juni 1784, berdasarkan musyawarah “Dewan Menteri” dari Kesultanan Siak, yang terdiri dari datuk empat suku (Pesisir, Limapuluh, Tanah Datar, dan Kampar), kawasan ini dinamai dengan Pekanbaru, dan dikemudian hari diperingati sebagai hari jadi kota ini.

Peta kota pekanbaru

Berikut adalah peta wilayah administrasi Kota Pekanbaru

Kabupaten Pekanbaru

Pekanbaru adalah ibukota provinsi dari Riau dimana terdapat 10 Kabupaten dan 2 Kota. Kota dan Kabupaten sendiri adalah setara dalam wewenang kekuasaan dimana masing-masing di pimpin oleh  Walikota atau Bupati dalam pelaksanaan roda Pemerintahan.

Keunggulan Kota Pekanbaru

Membicarakan suatu wilayah perkotaan tentunya tak jauh dari pembicaraan laju ekonomi. Laju perkembangan ekonomi di Pekanbaru sendiri tergolong yang cukup cepat dan pesat sehingga mendorong pertumbuhan penduduknya juga. Laju perkembangan ekonomi ini menjadi keunggulan bagi kota ini. Tumbuh menjadi salah satu metropolitan, yaitu dengan nama Pekansikawan, (Pekanbaru, Siak, Kampar, dan Pelalawan). Perkembangan perekonomian daerah ini, sangat dipengaruhi oleh kehadiran perusahaan minyak, pabrik pulp dan kertas, serta perkebunan kelapa sawit beserta pabrik pengolahannya yang memberikan dampak terhadap nilai inflasi daerahnya. Sektor perdagangan, jasa, hingga UMKM juga menjadi unggulan. Dari Sektor pariwisata, mungkin tidak banyak tempat wisata akan tetapi daerah ini memiliki daya tarik untuk destinasi wisata budaya yang saat ini mulai digalakkan oleh komunitas-komunitas anak muda pegiat budaya demi melestarikan budaya asli daerah ini yaitu budaya Melayu.

Jumlah Penduduk Pekanbaru 2018

Berdasarkan data statistik dari Badan Pusat Statistik Kota Pekanbaru, jumlah penduduk daerah ini tahun 2018 adalah  berjumlah 1,1 Juta jiwa dengan rasio perbandingan jumlah penduduk laki-laki dan perempuan adalah 105 :100

Jumlah penduduk kota Pekanbaru 2019

Berdasarkan dari visualisasi kependudukan, Ditjen Kependudukan dan pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Jumlah penduduk Kota Pekanbaru hingga Juni 2019 berjumlah 954,373 jiwa dengan jumlah penduduk wanita berjumlah 474,378 jiwa dan pendududuk pria berjumlah 479,995 jiwa, data ini akan terus diperbaharui menginggat pada tahun 2020 Badan Pusat Statistik mulai melakukan sensus penduduk.

Tags: