Pengertian UMKM Naik Kelas

Pengertian UMKM Naik Kelas  – Usaha Mikro Kecil dan Menengah saat ini sudah diakui dalam perspektif global bahwa mempunyai sebuah peran begitu vital dalam pembangunan dan pertumbuhan ekonomi. Dalam sejarah perekonomian bangsa Indonesia kehadiran UMKM ini diakui oleh semua pihak sebagai penopang perekonomian nasional. Para pelakunya tetap saja mampu eksis dan bertahan dalam menggerakan ekonomi kerakyatan ketika Indonesia dilanda krisis ekonomi dan krisis moneter.

kepanjangan umkm – Selain itu UMKM ini juga tetap mampu bertahan ketika rupiah semakin lemah terhadap dolar Amerika bahkan memiliki peran penting terhadap perekonomian di Indonesia. Bisa dikatakan usaha ini adalah sektor yang begitu penting untuk menunjang struktur ekonomi nasional menjadi kuat.

Meskipun keberadaan usaha ini begitu menggembirakan karena besarnya pengaruhnya terhadap perekenomian ternyata UMKM ini tidak terlepas dari banyak permasalahan. Bisa dikatakan permasalahan tersebut adalah hal yang juga mesti diperhatikan dan membutuhkan prioritas dalam penanganan tepat.

Permasalahan-permasalahan yang terjadi seperti dalam bidang permodalan, dimana akses modal untuk mereka sangat terbatas apalagi ada kaitannya dengan jaminan tertentu untuk bisa mendapatkan pinjaman. Selain itu para pelakunya terkadang tidak mempunyai jaminan atau aset yang bersertifikat yang bisa dijadikan jaminan.

Selain itu permasalahan di dalam bidang pemasaran dimana akses pasarnya terbatas dan posisi tawar serta manajemen usaha ini juga lemah. Permasalahan lainnya yaitu di bidang produksi yaitu terbatasnya izin usaha, produk memiliki kualitas rendah dan tidak stabil serta proses produksi produk tidak kontinu alias tidak stabil. Permasalahan terakhir yaitu berkaitan dengan Sumber daya manusia karena di Indonesia memiliki SDM rendah dan minat dalam menempuh pendidikan rendah mengakibatkan tingkat pendidikan juga rendah.

Dalam mengatasi permasalahan dari pelaku UMKM ini maka munculah gerakan satu juta UMKM naik kelas. Gerakan ini akan merangkul semua pelaku yang terlibat melalui pendekatan integratif, partisipatif dan akseleratif. Sehigga diharapkan upaya ini bisa mensejahterakan dan memberi solusi untuk permasalahan tersebut.

Indikator

Indikator UMKM Naik Kelas – Agar terwujud gerakan ini tentu saja para pelakunya akan antusias berusaha untuk naik kelas, dan dibutuhkan beberapa indikator. Indikator tersebut tentu saja harus dipenuhi supaya bisa mencapai kenaikan. Berikut beberapa indikator tersebut “

  1. Total penjualan dan set yang dimiliki haruslah meningkat.
  2. Usaha harus menjadi formal
  3. Jumlah karyawan meningkat
  4. Pelanggan yang dilayani meningkat
  5. Meningkatnya pajak yang dibayarkan
  6. Kualitas sumber daya manusia harus bertambah
  7. Produksi batang harus meningkat
  8. Administrasi dan keuangan meningkat
  9. Dana yang di akses dari perbankan meningkat.

Kriteria

Kriteria UMKM Naik Kelas ,Sama halnya indikator yang harus dipenuhi, tentu saja agar naik kelas harus memiliki kriteria yang ditetapkan. Apabila UMKM telah memenuhi semua kriteria yang ada maka dengan mudahnya mereka melejit. Tentu saja para pelakunya tidak ingin stuck di posisi saat ini dan akan berusaha memenuhi setiap kriteria yang ditetapkan tersebut.

Definisi

Definisi Umkm Naik Kelas –Setelah panjang lebar kita membahasnya tentu saja akan muncul pertanyaan apa definisi dari Usaha Menengah Kecil Makro naik kelas. Secara sederhana definisinya adalah dimana usahanya bisa semakin berkembang dan tentu saja diiringi dengan produktivitas meningkat. Tidak cukup itu saja mereka juga harus memiliki daya saing yang terus meningkat juga sehingga berpotensi mencapai lebih tinggi. Jika awalnya hanya usaha mikro lalu tumbuh menjadi usaha kecil, selanjutnya meningkat menjadi usaha menengah dan hingga akhirnya bisa menjadi besar.

Materi

Materi UMKM Naik Kelas ,Dalam upaya menaikan kelas tentu saja harus mengetahui materi berdasarkan strategi yang ada. Berikut ini tahapan materi mengenai prioritas fokus dari program ini untuk lima tahun mendatang :

  1. Meningkatkan akses mengenai sumber daya produktif
  2. Meningkatkan iklim usaha untuk koperasi dan UMKM yang kondusif
  3. Meningkatkan daya saing SDM UMKM dan koperasi
  4. Mengembangkan produk serta pemasaran
  5. Menguatkan lembaga koperasi.

Syarat

Syarat Umkm Naik Kelas,Untuk bisa mencapai menjadi besar dalam program ini tentu saja ada syarat yang harus dipenuhi. Syarat ini akan menjadi parameter, berikut parameter agar bisa naik kelas secara umum :

  1. Haruslah berbasis teknologi dengan arti kata bahwa pada proses produksi sudah memanfaatkan teknologi yang sesuai dengan tipe atau kebutuhan usaha yang dimiliki.
  2. Menggunakan sistem marketing berbasis IT seperti memanfaatkan internet dalam melakukan pemasaran dan mampu melayani penjualan melalui internet.
  3. Sumber daya manusia yang dimiliki harus mempunyai keterampilan dan pengetahuan
  4. Mampu fokus terhadap pelayanan konsumen serta mampu menghasilkan produk sesuai kebutuhan maupun keinginan para konsumen.
  5. Pelaku usahanya haruslah sudah bersikap adaptif

Tags: