Sistem Informasi Akademik

Jual Sistem Informasi Akademik – Kehadiran ICT (Information CommunicationTechnology) dalam berbagai kehidupan dapat kita rasakan manfaatnya tak terkecuali pada bidang Pendidikan. Pada bidang Pendidikan hadirnya ICT ini dapat meningkatkan kualitas mulai dari proses belajar mengajar, layanan Pendidikan hingga menajemen data untuk semua tingkat Pendidikan baik sekolah dasar sampai perguruan tinggi.

SIAKAD KAMPUS – Dikarenakan perkembangan teknologi sudah dapat dipastikan bahwa sudah sepentasnya Pendidikan setingkat kampus berbasis digital yang didalamnya terdapat banyak manfaat dan dapat dinikmati oleh seluruh civitas akademik. Salah satu bentuk digitalisasi system kampus adalah adanya system informasi akademik. Ada banyak perusahaan yang bergerak dibidang pengembangan perangkat lunak yang membuat dan jual sistem informasi akademik.

pmb / spmb

Sistem infomasi akademik ini bisa dimulai dari awal pendaftaran seperti pmb /spmb. Mulai dari data ini biasanya nanti akan langsung terintegrasi dengan data akademik, administrasi, absensi dan lain sebagainya. Dengan ada sistem integrasi seperti ini dapat meminimalisir kesalahan oleh manusia dan melakukan efesiensi dari segi waktu dan segala hal.

cat online

Pemanfaatan teknologi juga bisa diterapkan pada ujian yang lebh dikenal dengan nama aplikasi CAT (Computer Assisted Test), dimana Aplikasi digunakan untuk melakukan test secara online menggunakan komputer. Tes ini dapat diimplementasikan pada ujian harian, tengah semester, akhir, olimpiade, ujian seleksi masuk dan ujian lainnya. Dengan adanya aplikasi ini adalah memberikan kemudahan, penggunaan kertas bisa diminimalisir dan kebutuhan akan data lebih cepat diperoleh. Pihak penyelenggaa ujian tinggal menginputkan data berupa soal yang akan di ujikan kemudian secara otomatis akan di random kemudian hasil ujiannya langsung bisa ditampilkan.

keuangan

Sebagaimana kita tahu bahwa keuangan adalah hal yang penting, tak terkecuali untuk pengelolaan keuangan di instansi pendidikan. Pada sebuah instansi pendidikan banyak sekali transaksi yang terjadi dan tentu saja akan membuat pihak keuangan kebingungan dan mumet dalam mengelolanya. Akibatnya kesalahan oleh ulah manusia kerap kita jumpai dan juga keamanan akan kerahasiaannya juga tidak menjamin terlebih kesemua ini berkaitan dengan uang.

Untuk menghindari adanya faktor human error dan mengatasi permasalahan dalam pengelolaan keuangan kampus ditambah lagi kita berada di zaman pemanfaatan teknologi. Maka instasi pendidikan dituntut agar lebih meningkatkan kualitas kampus, sehingga sistem informasi keuangan menjadi sangat penting terlebih di integrasikan dengan sistem lain yang berhubungan.

e-learning

Di zaman sekarang, pemanfaatan teknologi untuk segala bentuk proses pembelajaran bukan sesuatu yang aneh bahkan malah menjadi mempermudah kita. Seperti proses e-learning. Pemanfaatan teknlogi untuk belajar tentu bisa membantu kita, terlebih yng terkendala jarak sehingga tak ada lagi alasan untuk belajar.

feeder Sistem Informasi Akademik

Bagi perguruan tinggi tentunya tidak asing dengan DIKTI. Bagi PT setiap semester diwajibkan melaporkan atau melakukan penginputan data ke DIKTI dan data mahasiswa tentunya tidak sedikit. Dengan adanya aplikasi nantinya bisa di hubungkan dengan feeder sehinga bisa langsung di sinkronkan langsung.

lpm & Lppm

Pada perguruan tinggi penelitan, riset, KKN  atau lebih dikenal LPM (Lembaga Penjamin Mutu) & LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat) dimana mereka melakukan koordinasi dan mendokumentasi pelaksanaan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta ikut mengusahakan pengendalian administrasi sumberdaya yang diperlukan. Untuk melaksanakan tugasnya, kegiatan-kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang bersifat multidisiplin dan interdisiplin dilakukan oleh pusat-pusat penelitian dan pengembangan di lingkungan LPPM lam melakukan sebuah riset maupun penelitian tentu saja si pelaku membutuhkan referensi sebagai bahan pertimbangan. Dimana referensi adalah sesuatu hal yang selalu berkaitan dengan penelitian tersebut. Tentu saja anda yang hendak melakukan penelitian membutuhkan informasi sebanyak mungkin dan anda akan berusaha mencari informasi tersebut terkait riset yang sudah pernah diteliti sebelumnya.

Mengingat banyaknya proses dan proses tersebut cukup rumit, dengan adanya sistem tentu akan membantu mempermudah pekerjaan kita.

absensi

Permasalahan lain dalam sebuah instasi pendidikan adalah absensi. Sering sekali kita kehilangan data untuk rekap absensi baik untuk murid ataupun pengajar dan staff. Jika sudah memiliki absensi otomatis untuk setiap kehadiran civitas akademik tersebut akan tercatat secara baik, dan mampu meningkatkan kedisiplinan. Hadirnya digitalisasi proses absensi tentu akan memberikan warna baru dengan manfaat dan efesiensi waktu dan data. Selain itu, dengan ini dapat juga menekan tingkat kecurangan akan kehadiran dan lebih mudah di tangani.

simawa

Selain akademik, sistem  lain yang sangat bermanfaat untuk mahasiswa adalah simawa yakni sistem informasi kemahasiswaan yang secara khusus dirancang untuk mendukung penciptaan dan pengembangan skill bagi mahasiswa. Seperti pengelola Upload Data Partisipasi Aktivitas Mahasiswa (seperti sertifikat keahlian) , Display Transkrip Satuan Partisipasi Aktivitas Mahasiswa dan Informasi Poin Satuan Partisipasi Aktivitas Mahasiswa. Atau mungkin bisa digabung dengan fitur beasiswa sehingga nanti mahasiswa bisa menerima informasi seputar beasiswa dan lain sebagaian.

wisuda

Jika kita berada di perguruan tinggi tentunya wisuda adalah pencapaian yang ingin dicapai selama menduduki bangku perkuliahan. Dengan ada aplikasi wisuda ini diharapkan segala kepegurusan administrasi agar bisa mengikuti wisuda bisa dilakukan melalui aplikasi sehingga bisa mengefisien waktu.

tracer study

Ketika sudah menjadi alumni. Sebuah sistem Alumni atau tracer study juga diperlukan untuk sekolah ataupun kampus. Ada peran penting oleh lulusan ini, mereka bisa memberikan masukan untuk memotivasi sekolah atau kampusnya sehingga nantinya kualitas dan kuantitas instansi tersebut meningkat.  Selain itu, pihak BAN PT-pun selaku intitusi penilaian akreditasi program studi sebuah kampus dan instasi lain yang bertanggung jawab dalam pemberian nilian sebuah instansi pendidikan juga menilai berdasar dapa dari alumni ini.

Secara jika dulu semua data dilakukan manual maka dengan pemanfaatan teknologi akan mempermudah dalam penyimpanan dan pencarian data.

Tags: