Tujuan Menganalisa Peluang Usaha

Tujuan Menganalisa Peluang Usaha – Saat ini khususnya di Indonesia setiap orang mengeluhkan bahwa lapangan pekerjaan yang tidak ada. Dimana banyak orang memperebutkat dari sedikit sekali peluang untuk bisa bekerja baik itu di instansi swasta maupun pemerintahan. Sehingga tidak heran jika kita temukan bahwa banyak sekali para lulusan sarjana hanya berdagang di pinggiran jalan bahkan banyak menjadi pengangguran.

Melihat kondisi ini tentu saja sebagai orang yang memiliki bekal selama menempuh pendidikan tidak hanya berdiam diri dan pasrah dengan keadaan. Mereka harus pintar mencari peluang sesuai skill dimiliki, dimana melihat usaha yang tepat agar bisa terus eksis tanpa menyandang status pengangguran.

Dalam hal tersebut membuka usaha bisa saja menjadi solusi tepat jika diawali dengan cara yang tepat pula. Namun, namanya sebuah usaha tentu saja akan anda temukan kemajuan dan kemunduran. Ketika kamu hendak memulai sebuah usaha tentu saja ada beberapa hal mesti kamu lakukan, yakninya melihat peluang usaha hendak dijalankan tersebut.

Seberapa besar usaha tersebut memiliki peluang diterima di masyarakat dan memang dibutuhkan. Hendaknya kamu jangan memulai bisnis sebelum kamu benar-benar melakukan analisa terlebih dahulu. Bisa dikatakan melakukan analisa ini merupakan poin terpenting dan memang harus dilakukan ketika kamu ingin memulai sebuah bisnis. Tidak lain tujuannya adalah meminimalisir atau mencegah hal yang tidak diinginkan terjadi nantinya.

Analisa terkait peluang usaha ini mesti kamu susun sebaik baik mungkin, dimana dengan begitu anda bisa mengetahui apakah bisnis akan dimulai tersebut layak atau tidaknya untuk dijalankan. Selain itu kamu juga bisa mengetahui apa saja keuntungan maupun kerugian dari usaha yang akan dijalankan tersebut ke depannya.

Salah satu cara yang bisa anda lakukan dalam analisis ini yaitu langsung terjun ke calon konsumen dengan melakukan observasi terkait mencari tahu apa saja kebutuhan dan keinginan masyarakat pada umumnya. Sehingganya sebagai pelaku bisnis memang dituntut untuk jeli terkait perubahan apa saja yang ada di tengah masyarakat. Perubahan seperti selera, saluran distribusi, kebiasaan masyarakat serta perkembangan terhadap teknologi digital terkini.

Selain melihat keinginan dah melakukan hal di atas, anda juga bisa membuat produk yang akan disediakan lebih terjangkau oleh para konsumen sehingga bisa diterima. Caranya adalah :

  1. Memilih serta membuat produk yang berkualitas, bermanfaat dan laku dijual dengan harga bersaing.
  2. Membuat desain produk baru dengan harga lebih terjangkau.
  3. Produk yang dibuat lebih cepat serta murah di kantong.
  4. Melakukan pemilihan serta penentuan terkait wilayah akan di pasarkannya yang lebih menguntungkan.

Penting sekali melakukan analisa ini karena banyak sekali pelaku bisnis tidak melalui tahapan analisa terlebih dahulu sebelum memulai usaha mereka. Tentu saja bisnis tanpa analisa anda akan mengalami kebingungan ketika menjalankannya bahkan ada yang tutup sebelum waktunya alias gulung tikar. Hal tersebut bisa saja terjadi apa yang kamu jual ternyata tidak bisa diterima oleh masyarakat atau kamu tidak melihat target pasar sebelumnya.

Sehingga sebagaimana kita sudah jelaskan diatas bahwa sangat penting sekali bagi kamu melakukan analisa terhadap peluang usaha yang hendak anda mulai terlebih dahulu. Sebagai bahan pertimbangan berikut Tujuan Menganalisa Peluang Usaha :

  1. Mengetahui kebutuhan masyarakat atau menemukan target pasar sehingga anda bisa membuat segmentasi untuk hal tersebut.
  2. Meminimalisir kemungkinan rugi atau bangkrut
  3. Mencari tahu minat masyarakat terkait produk atau jasa yang akan disediakan.
  4. Mencari tahu teknik marketing yang tepat
  5. Mencari tahu bagaimana laba rugi ketika bisnis dijalankan
  6. Menganalisa serta mengetahui kemungkinan berapa lama usaha ini bisa bertahan dan berjalan
  7. Mengetahui layak atau tidak usaha tersebut dijalankan
  8. Dapat mengetahui persaingan di pasar alias seberapa besar daya saing terhadap jasa atau produk yang akan kita suguhkan sehingga memudahkan dalam mengambil tindakan.

Dalam melakukan analisa terkait bisnis atau usaha tentu saja ada beberapa cara bisa dilakukan dan salah satunya sering digunakan adalah analisa SWOT. Analisa ini yaitu menganalisa terkait kekuatan (strengths) dari usaha yang akan dibuat, menganalisa kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) dari bisnis akan dimulai. Jika anda sudah melakukan hal tersebut tentu saja anda akan jauh lebih mudah dalam mengambil tindakan dalam memulai usaha tersebut.

Tags: