Cara agar UMKM bertahan lama

Perubahan adalah tantangan terbesar yang sering dihadapi oleh para pelaku bisnis. Perubahan iklim dapat diperhitungkan banyak hal baik karena dapat mengubah tingkat konsumsi berkurang atau tidak.

Bagaimana Anda membuat bisnis Anda bertahan? Banyak pebisnis di luar sana mungkin merespons, “Kalahkan pesaing.” Tapi saya pikir lebih dari itu. Selalu ada sesuatu yang bisa dipelajari dari pesaing Anda, dan bukan hanya bagaimana menjadi lebih baik, bagaimana mendapatkan dan mempertahankan bisnis pelanggan Anda, atau bagaimana menawarkan produk yang lebih baik. Perusahaan-perusahaan paling inovatif di luar sana tidak mencapai tempatnya hanya dengan mengalahkan pesaing. Mereka mengganggu pasar. Tak satu pun dari bisnis ini yang berusaha mengalahkan pesaing.

Saya percaya hal terbesar yang dapat Anda pelajari dari pesaing adalah seperti apa yang Anda inginkan dalam 10 tahun. Jika Anda dapat melihat pesaing Anda, pelajari cara membedakan diri sendiri, melayani pelanggan dengan lebih baik, dan membentuk gambaran ke mana Anda ingin pergi, itu sangat berharga.

Berikut adalah tiga hal yang saya pikir setiap pengusaha harus tahu tentang kesuksesan jangka panjang:

Dibutuhkan keseimbangan

Menjalankan usaha adalah garis tipis antara keinginan untuk membelanjakan lebih dari yang Anda miliki dan takut untuk berkembang ketika Anda seharusnya. Keseimbangan antara kedua hal itu akan membawa Anda ke tempat kreativitas dan perhatian tentang bagaimana Anda melakukan bisnis.

Salah satu tempat yang menurut saya paling banyak harus saya lakukan adalah keseimbangan dalam perekrutan. Sebenarnya, ini adalah pertanyaan yang saya bantu banyak klien saya kerjakan juga. Melakukan penskalaan tim adalah seni, bukan sains. Kapan saya harus mempekerjakan orang baru dan memperluas perusahaan? Haruskah saya menyewa sama sekali untuk pekerjaan atau proyek khusus ini? Cara yang bagus untuk menemukan keseimbangan adalah mendengarkan nasihat terpercaya Anda. Temukan penasihat terpercaya yang dapat membantu mengarahkan keinginan Anda untuk berkembang tanpa menambah biaya secara eksponensial.

Belajar dari segalanya

Berusaha keras untuk selalu belajar jika Anda ingin bisnis Anda bertahan lama. Tidak hanya selalu ada sesuatu yang bisa diajarkan oleh pesaing Anda, tetapi selalu ada sesuatu yang baru yang bisa Anda pelajari. Anda selalu bisa menjadi lebih baik. Saat pasar berubah, ubahlah dengannya. Jangan pernah berpikir bahwa kegagalan Anda tidak akan mengajari Anda sesuatu.

Perhatikan bagaimana organisasi lain melakukan sesuatu secara berbeda. Perhatikan inovasi kreatif. Catat kapan perusahaan menunjukkan keunggulan yang luar biasa dan sesuaikan inovasi itu dengan konteks bisnis Anda sendiri. Karyawan bersatu untuk bekerja bersama, saling melayani dan pelanggan mereka dengan baik terlepas dari keadaan. Bagaimana Anda menangani rintangan dan apa yang Anda pelajari darinya dapat sangat berharga untuk memperkuat fondasi bisnis Anda.

Manajemen usaha Anda

Saya percaya salah satu alasan mengapa perusahaan tertentu lepas landas dan yang lain tidak, adalah karena mereka secara radikal berbeda dalam cara mereka melakukan bisnis. Sebagai seorang pengusaha, saya selalu penuh dengan ide dan selalu melihat ke depan untuk proyek selanjutnya. Saya selalu mencari pintu baru yang terbuka. Kami mengupayakan budaya dan nilai-nilai yang menganut inovasi, keunggulan yang menakjubkan, dan kehidupan sisi solusi sehingga setiap orang dapat membawa ide-ide baru ke meja. Semangat radikal dari kewirausahaan menyaring seluruh perusahaan.

Kami berusaha untuk menjadi berbeda sehingga kami diperlengkapi untuk melakukan jenis pekerjaan yang berbeda. Dan saya pikir itu bernilai lama.

Itulah beberapa cara agar UMKM dapat bertahan lama dan mengalami perkembangan pesat agar usaha yang anda jalani bukan hanya sekedar bertahan akan tetapi juga mengalami kemajuan dan dapat membuka lapangan pekerjaan yang lebih luas lagi untuk masyarakat Indonesia.(Yulianti)

Tags: