Cara UMKM Memahami Karakteristik Konsumen

ukm dan umkmPortal UKM – Untuk melakukan pemahaman dan pendekatan kepada calon konsumen tidak akan pernah ada satu cara dasar yang memang diresmikan.

Kenapa demikian? Karena hal ini biasanya disebabkan karena setiap konsumen memiliki keunikan nya masing-masing, sehingga pengusaha perlu melakukan pendekatan dengan cara dan metode yang berbeda.

Jika Anda adalah seorang penjual dan kemudian Anda berusaha menjadikan seluruh konsumen sama rata, maka Anda sedang melakukan sebuah kesalahan fatal.

Agar bisa memperoleh hasil yang memuaskan, seorang penjual harus bisa melakukan pendekatan dengan metode yang berbeda kepada setiap calon konsumen dengan memperhatikan karakteristik dari setiap calon konsumen yang akan mengkonsumsi produk atau layanan dari perusahaan Anda.

Dengan mempelajari dan memahami karakter konsumen Anda bisa memperoleh hasil akhir yang lebih maksimal dari calon konsumen. Adapun hasil akhir yang diharapkan adalah keputusan yang akan diberikan oleh calon konsumen untuk membeli produk Anda.

Untuk meningkatkan penjualan Anda perlu dan wajib mengetahui 5 karakteristik konsumen:

Konsumen Potensial

Tipe konsumen seperti ini harus dijadikan prioritas dari target pemasaran Anda, konsumen potensial ini secara teknis memang belum jadi konsumen Anda, tetapi mereka berpotensi untuk tetap menjadi konsumen Anda. Dan Anda harus pastikan untuk memberikan informasi dan pelayanan yang terbaik dan lengkap kepada tipe konsumen yang ini.

Tipe-tipe ini biasanya juga telah menunjukkan ketertarikan nya terhadap produk barang atau jasa dan layanan yang Anda jual, baik melalui pengisian form contact, atau setidaknya sudah pernah mengunjungi website usaha Anda dan telah melakukan Subscribe.

Untuk konsumen tipe ini, agar bisa membuatnya memutuskan membeli produk Anda, Anda juga harus bisa melakukan sedikit pancingan, salah satunya dengan memberikan mereka diskon, karena itu bisa menjadi metode atau cara yang lebih efisien.

Namun sebelum melakukan itu Anda harus bisa memastikan Anda telah menunjukkan nilai dari produk atau service yang Anda jual secara jelas kepada para konsumen potensial.

Selain itu Anda juga harus memperhatikan hal yang menjadi perhatian mereka, dan Anda harus pastikan juga bahwa apa yang mereka cari bisa didapatkan melalui produk dari perusahaan Anda.

Konsumen Baru

Konsumen baru biasanya akan memasuki fase beradaptasi saat mencoba melakukan pembelian pertama nya, sehingga Anda perlu memastikan bahwa fase beradaptasi ini bisa berlangsung lebih efektif.

Meskipun Anda sudah berhasil membuat mereka mengkonsumsi produk Anda, tetapi Anda tidak bisa begitu saja meninggalkan mereka, Anda harus pastikan setiap konsumen Anda merasakan senang dan nyaman dalam menggunakan dan mengkonsumsi produk dari perusahaan Anda.

Untuk memastikan hal itu, Anda perlu melakukan arahan kepada mereka dengan cara memberikan penjelasan yang jelas dan lengkap mengenai produk, cara penggunaan dan sistem kerjanya, setelah Anda memberikan penjelasan yang jelas Anda juga harus memberikan kontak yang bisa dihubungi sewaktu-waktu jika konsumen tersebut ingin membeli produk Anda lagi atau bisa menghubungi Anda jika sewaktu-waktu ingin melakukan komplain atau pengaduan mengenai produk jualan Anda.

Konsumen Impulsif

Tipe konsumen ini adalah tipe konsumen yang memutuskan keputusan dengan cepat dan tanggap apabila dirasa kondisi dan keadaannya terjadi sangat tepat.

Untuk meyakinkan tipe konsumen ini Anda tidak perlu melakukan persuasif, karena yang mereka butuhkan adalah kemudahan. Semakin Anda memberikan kemudahan terhadap langkah yang diberikan agar bisa memperoleh produk atau service Anda,

maka semakin besar peluang konsumen impulsif ini akan memutuskan untuk menggunakan produk dan service dari perusahaan Anda.

Jadi untuk merekrut konsumen tipe ini, Anda harus pastikan dulu bahwa semua proses yang terjadi sudah otomatis dan mudah digunakan.

Selain itu, ketika Anda mendapatkan pertanyaan dari konsumen impulsif ini berikan jawaban yang tepat, singkat namun jelas.

Konsumen Diskon

Tipe konsumen ini adalah konsumen yang melihat dari nilai yang ditawarkan dari produk atau layanan anda, tetapi tetap enggan membeli dengan harga yang ditentukan.

Untuk meluluhkan konsumen yang seperti ini adalah dengan melakukan persuasif kepada mereka yaitu dengan memberikan beberapa diskon atau penawaran harga kepada mereka. Namun ketika diskon yang ditawarkan sudah habis mereka tidak akan menjadi langganan anda lagi. Dan biasanya konsumen jenis ini akan pergi ketika diskonnya sudah habis, dan agar konsumen tidak lari ke perusahaan lain,  Anda harus bisa memberikan nilai tambah pada produk yang dikonsumsi oleh pelanggan tipe ini.

Konsumen Loyal

Konsumen ini bagaimanapun akan selalu kembali kepada Anda, bahkan rela menjadi brand ambassador untuk produk Anda, dan akan membantu merekomendasikan produk Anda kepada kerabat dan orang-orang terdekatnya dan hal ini akan menjadikannya memiliki potensi dan berpengaruh kepada perusahaan Anda.

Berdasarkan beberapa karakteristik konsumen yang sudah dipaparkan di atas mungkin Anda sekarang bisa mendapat gambaran apa yang harus Anda lakukan untuk meningkatkan kualitas perusahaan Anda.

Dan untuk memberikan pelayanan terbaik bagi konsumen Anda, berarti Anda perlu mengeluarkan budget ekstra, sehingga dalam hal ini arus kas harus diatur dengan sebaik-baiknya.(Nailil)

Tags: