Cara UMKM Menghadapi Pasar Bebas

pengertian ukm naik kelasPasar bebas di ASEAN telah dimulai pada tahun 2015, hal ini memberikan kemudahan dalam melakukan perdagangan antar tiap negara, yang memberikan pembebasan bea impor dan birokrasi yang dapat mendorong impor dari negara yang ada di ASEAN. Hal ini menjadi peluang oleh UMKM dalam melakukan perkembangan usaha dalam mengimpor barang yang menjadi mudah. Ada beberapa tantangan dalam menghadapi pasar bebas, yaitu kurangnya informasi, tidak siap menghadapi pasar persaingan dan lainnya.

UMKM yaitu sebuah usaha yang banyak diminati oleh masyarakat pada saat ini. Tidak heran jika beberapa jenis usaha yang paling besar di Indonesia memiliki kontribusi dalam pertumbuhan perekonomian sebesar 60%. Bahkan bisnis UMKM ini kuat menghadapi krisis global. Untuk menghadapi pasar bebas membutuhkan beberapa strategi dalam pengembangan UMKM sebagai berikut:

Produk

Langkah utama dalam mendirikan UMKM ialah menentukan produk yang akan dipasarkan nantinya. Seharusnya produk yang dipasarkan tersebut harus sesuai dengan kebutuhan konsumen. Maka dari itu, lakukanlah riset atau survey terlebih dahulu tentang hal yang sedang tren di pasaran, besar peluang pasar, dan selera pasar. Bahkan barang yang dipasarkan juga harus memiliki kualitas supaya dapat bersaing dengan barang lain.

Harga

Dalam menentukan harga sebuah produk, kamu harus menjumlahkan semua biaya yang digunakan dalam produksi barang berlangsung. Ada tiga cara dalam menentukan harga agar terhindar dari kerugian, yaitu menentukan harga yang ditambah dengan keuntungan, menentukan harga berdasarkan riset kompetitor. Dalam menghitung atau menentukan harga jual produk, kamu harus menghitungnya dengan teliti agar tidak terjadi kesalahan dalam penghitungan.

Tempat

Agar usaha tetap berjalan lancar dan produk mudah ditemukan oleh konsumen, maka haruslah memilih tempat yang strategis dalam memasarkan produk yang akan dijual. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu lokasi yang strategis agar mudah diakses oleh konsumen, harus sesuai dengan target yang disasarkan, jika targetnya karyawan maka usaha tersebut harus dekat dengan daerah perkantoran, lokasinya mudah dijangkau, dan produk yang dijual harus memiliki nilai tarik konsumen.

Promosi

Lakukan sebuah promosi agar produk dikenal oleh konsumen, jika produk yang dijual adalah produk baru, maka promosi harus dilakukan agar produk dikenali oleh konsumen. Jika produk yang dijual tepat pada sasarannya, maka produk yang dijual ini harus dikenali oleh konsumen terlebih dahulu dengan cara dilakukannya promosi. Promosi juga bisa dilakukan secara online maupun offline. Pemasaran atau promosi bisa dilakukan melalui sosial media dengan cara bahwa kamu perlu menguasai ilmu marketing secara online, seperti pembuatan website atau blog, menggunakan google atau facebook ads dalam pemasaran, sebab hal ini dapat dilakukan dengan efektif.

Sumber daya manusia

Para pekerja atau sumber daya manusia dalam membuat produk haruslah orang-orang yang terpilih, yaitu orang yang bisa menghasilkan produk dengan baik. Sebaiknya lakukan penyeleksian karyawan dalam bisnis yang dijalankan, jangan langsung terima saja referensi kenalan atau kerabat jika kamu merasa skill masih belum memadai.

Update informasi terkini

Masalah utama dalam sebuah UMKM ialah kurangnya informasi. Internet yang mudah diakses dengan banyaknya teknologi canggih maka membuat orang-orang mudah untuk mengakses informasi tanpa memperhatikan geografis serta ekonomi. Maka sebab itu, para pelaku bisnis atau UMKM bisa memperoleh informasi dengan mudah mengenai tren produk, harga, target konsumen, dan lainnya.

Demikianlah penjelasan tentang strategi dalam mengatasi pasar bebas dalam menjalankan UMKM atau bisnis di pasar global. Jika strategi tersebut berjalan dengan baik, maka jangan sampai melupakan manajemen keuangan UMKM. Jangan sampai mencampurkan uang pribadi dengan uang perusahaan. Manajemen keuangan mencatat tentang sebagaimana kegiatan perencanaan UMKM, anggaran UMKM, pemeriksaan UMKM, pengendalian UMKM, pengelolaan UMKM, pencarian serta penyimpanan keuangan UMKM.(Mechy)

Tags: