Contoh Ukm Di Bidang Manufaktur

Manufaktur ialah pengolahan sebuah bahan melalui berbagai proses, yaitu kimia bahkan fisika. Manufaktur biasanya memiliki serangkaian langkah-langkah dalam melakukan proses produksi, seperti perencanaan, desain produk, pemilihan material, proses pembuatan, manajemen, dan kualitas. Biaya produksi yang dikeluarkan oleh industri dalam jumlah yang sangat tinggi, bahkan meliputi tiga buah elemen yaitu, pabrik, bahan, tenaga kerja.

Perusahaan manufaktur biasanya memiliki karakteristik seperti, pengelola bahan atau material, bisanya menggunakan mesin dalam skala yang besar dan tenaga kerja yang banyak, terakhir memiliki biaya yang tinggi. Perusahaan di bidang manufaktur ialah perusahaan yang menyediakan barang mentah atau bahan yang masih setengah jadi. Hal ini akan dijadikan sebagai bahan baku dalam membuat sebuah produk yang banyak diminati oleh pasaran. Sebab jika permintaan barang atau produk pada pasar semakin banyak, maka semakin banyak juga barang yang harus diandilkan sebuah perusahaan. Dalam kehidupan, perusahaan manufaktur sangat memiliki peran penting pada kehidupan sehari kita. Buktinya dapat dilihat pada perusahaan apple menjadi perusahaan yang paling bernilai di dunia, sebagai kejelasannya bahwa apple lebih unggul 200 miliar daripada amazon yang termasuk bisnis e-commerce. Apple sebuah perusahaan di bidang manufaktur yang bergerak pada bagian komunikasi, transportasi, serta komunikasi. Ada begitu banyak tipe dan jenis perusahaan di bidang manufaktur ini.

  1. Baju dan tekstil
  2. Polichen I
  3. Argo pantes Tbk.
  4. Trisula textile industri.
  5. Komunikasi, trasnportasi, dan elektronik

Perusahaan ini kebanyakan bergerak dalam bidang mesin, otomotif, alat berat serta komponennya, tekstil dan garmet, kabel, alas kaki dan elektronika.

  1. Astra ortoparts.
  2. Goodyear Indonesia.
  3. Asia pasific fibers Tbk.
  4. Sumi indo kabel Tbk.
  5. Indomobil sukses internasional.
  6. Minyak, kimia, dan plastik

Perusahan tipe ini ialah perusahaan yang bekerja dalam mengolah dan memproduksi keramik, logam, semen, porselen, pakan ternak, kertas, kayu dan pengolahannya, dan logam.

  1. Holcim industri Tbk.
  2. Indocement tunggal prakarsa.
  3. Semen batu raja persero.
  4. Beton jaya manunggal Tbk.
  5. Barito pasific Tbk.
  6. Pabrik kertas tjiwi kimia Tbk.
  7. Kayu, kulit, dan kertas
  8. Alam karya tunggal Tbk.
  9. Asiaplast industri.
  10. Champions pacific industry.
  11. Industri barang konsumsi

Perusahaan yang bergerak di dalam bidang produksi minuman dan makanan, obat-obatan, alat rumah tangga, kosmetik, dan rokok. Contohnya, Kalbe farma, Gudang garam dan Kedawung setia industrial

Contoh lain perusahaan di bidang manufaktur:

  1. Industri Manufaktur Tekstil

Bagian ini merupakan perusahaan yang mengelola kapas menjadi benang dan kemudian di olah menjadi kain, sehingga kain tersebut akan diolah kembali. Perusahaan industri ini sangat membutuhkan banyak pekerja, maka banyak sekali orang yang bekerja di perusahaan bagian ini, sebab perusahaan ini membutuhkan banyak tenaga kerja.

  1. Industri Manufaktur Garmen

Industri garmen inilah yang mengolah kain menjadi pakaian atau bentuk lainnya, industri inilah yang melanjutkan hasil produksi dari industri tekstil tadi. Biasanya hasil industri ini dalam bentuk pakaian, tas, celana, dan lainnya.

  1. Industri Manufaktur Keperluan rumah tangga

Industri jenis ini biasanya menghasilkan produk yang diperlukan atau kebutuhan rumah tangga, seperti sendok, piring, panci, bahkan produk dalam bentuk mebel juga pun ada, seperti meja, lemari, bofet, dan lainnya.

  1. Industri Manufaktur Otomotif

Perusahaan industri yang satu ini sangat memerlukan teknologi dalam tingkat yang tinggi, sebab industri ini menghasilkan produk otomotif seperti, pesawat, helikopter, mobil, dan lainnya.

  1. Industri Manufaktur Elektronik

Sama halnya dengan industri otomotif, industri ini bahkan juga memerlukan teknologi dalam tingkat yang tinggi. Produk yang dihasilkan industri ini yaitu, handphone, ac, dan lain-lain.

  1. Industri Kerajinan

Produk hasil industri kerajinan biasa terbuat dari bahan baku. Kebanyakan produk industri kerajinan ini di ekspor ke luar negeri, tetapi juga banyak yang dipasarkan di dalam negeri. Contohnya seperti, kain hasil tenun, batik, produk dari bahan rotan, pahatan, dan lain-lain.(Mechy)

Tags: