Contoh UKM (Usaha Kecil dan Menengah) di Bidang Dagang

peluang usaha modal kecilMembuka Usaha di bidang perdagangan memang memiliki peluang yang sangat besar dan menjanjikan, karena konsumen tidak bisa terlepas dari barang atau jasa setiap harinya.

Untuk menentukan sebuah usaha yang cocok dengan kita memang tidaklah mudah, karena kita harus bisa melihat prospect ke depannya seperti apa. Jika Anda ingin memulai usaha, hal yang paling utama untuk selalu Anda perhatikan adalah minat, pelanggan, target pasar, dan peluang ke depannya usaha Anda nanti akan seperti apa.

Memulai usaha musiman memang menguntungkan pada saat itu saja, namun setelah musim itu berakhir usaha tersebut tidak akan berjalan lancar lagi. Selanjutnya usaha yang paling cocok adalah usaha yang pas dengan budget atau modal yang Anda miliki sekarang, karena seorang pengusaha harus bisa memulai usahanya sendiri meskipun tanpa modal yang besar, karena sebuah suksesnya sebuah usaha tidak berpatokan pada besar atau kecilnya modal yang dimiliki, asalkan ada kemauan, minat dan bakat untuk menarik pelanggan, maka dengan begitu usaha yang Anda rintis akan berjalan dengan lancar, Insya Allah.

Usaha di bidang perdagangan ini banyak yang menjanjikan dan berpotensi, namun mana kah kira-kira usaha yang sesuai dengan minat dan keinginan Anda?

Ketika ingin menjalankan sebuah usaha, usaha yang akan kita jalankan harus sesuai dengan kesukaan dan minat Anda, karena jika Anda tidak berminat sama sekali terhadap usaha Anda dan melakukannya dengan terpaksa, maka Anda akan mudah merasa bosan dan pada akhirnya usaha Anda akan gagal.

Daftar Usaha

Jika Anda adalah seseorang yang menyukai perdagangan, mungkin Anda bisa mencoba Usaha berikut:

Usaha Dagang Jajanan

Untun membuka usaha ini, Anda tidak harus memiliki modal yang besar karena dengan modal yang kecil pun Anda bisa merogoh keuntungan yang cukup besar, mungkin Anda bisa memulainya dengan menerima titipan jajanan dari orang lain dan menjualkan nya atau dengan kata lain Anda menjadi reseller untuk jajanan orang tersebut, namun kalau Anda ingin memperoleh keuntungan yang lebih banyak Anda bisa membuat jajanan sendiri.

Contoh tempat usaha jajanan ini yang paling strategis dan dagangan mudah laku adalah di area sekolah, karena anak-anak setiap hari pasti akan jajan.

Untuk usaha ini sendiri, agar semakin maju dan diminati sebaiknya Anda memiliki banyak variasi dan jenis jajanan, agar konsumen juga bisa memilah jajanan yang mereka sukai.

Dagang Buah

Buah merupakan jenis makanan yang memiliki banyak kandungan gizi dan vitamin dan bukan hanya itu buah juga sangat bagus untuk dikonsumsi, selain itu buah juga termasuk ke dalam menu 4 sehat 5 sempurna yang harus dipenuhi tubuh.

Di era modern dan serba canggih saat ini, kebanyakan orang lebih mengutamakan kesehatan, karenanya salah satu alternatif yang mereka lakukan adalah dengan mengkonsumsi buah secara langsung maupun dengan diolah terlebih dahulu, seperti dengan membuat jus buah, salad buah, dll.

Dagang Lauk-pauk

Kesibukan sering menjadikan orang-orang tidak memiliki banyak waktu untuk memasak

Biasanya yang mengalami hal ini adalah seorang pegawai kantoran, guru atau dosen, mereka lebih cenderung membeli lauk ketimbang memasak, karena pasalnya mereka tidak mempunyai cukup waktu untuk memasak, dan belum lagi mereka kelelahan pulang bekerja.

Usaha lauk-pauk ini memiliki peluang dan prospect yang cukup besar, karena pasalnya setiap hari semua orang pasti butuh makan dan dengan memberikan pelayanan yang baik serta dengan lokasi yang strategis akan membuat usaha ini mudah berkembang.

Usaha Dagang Bumbu Jadi

Bumbu ini biasanya dibagi terbagi menjadi 2 macam, bumbu basah dan bumbu kering.

Bumbu basah adalah bahan masakan yang masih segar atau fresh, sedangkan bumbu kering adalah bumbu yang dikeringkan atau mungkin juga sudah diberi kemasan.

Bumbu dan rempah-rempah merupakan hasil kekayaan alam yang wajib kita syukur-i dan tidak bisa kita lepaskan dari kehidupan sehari-hari. Karena pasalnya bumbu merupakan hal yang paling utama dan penting dalam sebuah masakan yang akan kita konsumsi setiap hari.

Bumbu biasanya digunakan sebagai pelengkap dan penyedap masakan dan makanan, berjualan bumbu ini bisa memberikan prospect yang bagus karena sejatinya, setiap hari orang pasti memasak apalagi ada acara khusus seperti pesta pernikahan, hajatan dll, dan sudah pasti untuk memasak di acara tersebut mereka membutuhkan penyedap atau bumbu.  Nah untuk acara sebesar itu tidak memungkinkan jika harus meracik bumbunya sendiri, dan di sini lah akan menjadi kesempatan emas bagi pedagang bumbu jadi.(Nailil)

Tags: