Contoh Usaha Kecil Menengah

pengertian ukm naik kelasUsaha Kecil Menengah (UKM) adalah usaha yang didirikan dan dikelola oleh seseorang atau perorangan dan berdiri mandiri. Bagi yang ingin mulai merintis usaha dunia bisnis UKM masih bingung mau buka usaha apa, nah kami akan merangkum beberapa contoh UKM, agar sedikit punya pandangan.

contoh UKM

Berikut contoh UKM berpeluang besar dan menjanjikan hingga saat ini:

Bisnis Kuliner

Kuliner merupakan salah satu UKM yang dinilai bisa memberikan peluang yang menjanjikan, karena semua orang sudah tau bahwa bisnis ini tidak akan ada matinya, karena dimana pun orang pasti mereka butuh makan dan makan sudah menjadi hal yang mendarah daging dan merupakan kebutuhan primer.

UKM bidang kuliner yang bisa dicoba jenisnya juga banyak, mulai dari makanan ringan, makanan pokok, toko kelontong, minuman dan jenis lainnya.

Jenis-jenis usaha tersebut sama-sama memiliki prospect dan penghasilan yang besar, bahkan bukan hanya UKM saja, namun juga perusahaan berskala besar.

Bidang Fashion

Bisnis di bidang fashion ini sebenarnya mirip dengan UKM bidang kuliner, fashion juga berpotensi besar untuk menghasilkan omzet dan keuntungan yang cukup besar.

Alasannya sudah sangat jelas, karena pakaian merupakan kebutuhan sekunder yang harus dipenuhi oleh setiap orang, apalagi sekarang orang-orang lebih mengutamakan pakaian yang sedang trend untuk mereka gunakan atau pakai. Selain itu, fashion sendiri memiliki banyak jenis atau kategori, sehingga itu menjadikannya lebih mudah untuk menjadi pintu masuk dan memungkinkan untuk ditekuni.

Selain itu bidang fashion ini memiliki banyak kategori dan jenis misalnya, kategori fashion pria atau wanita yang juga memiliki banyak model dan bentuk, ada pakaian muslim, pakaian sekolah, dll.  Salah satu UKM yang saat ini sukses di bidang fashion adalah Rabbani.

Rabbani merupakan salah satu brand hijab yang menjadi salah satu brand yang paling terkenal di Indonesia dan mampu menarik hati banyak wanita Muslimah di tanah air.

Bidang pendidikan

Hingga saat ini sistem pendidikan di Indonesia sedang berusaha untuk bangkit menjadi lebih maju, dan seiring berjalannya waktu sistem pendidikan semakin menuntut siswanya untuk lebih serius, hal ini sangat bagus, karena keseriusan ini merupakan modal yang paling penting dan paling utama untuk menjadikan Indonesia menjadi negara yang berpendidikan dan memiliki masa depan yang cerah.

Bagi yang menaruh minat di bidang pendidikan, maka anda bisa membuka usaha di bidang ini.

Oleh karena ukuran usaha masih kecil, memang sangat tidak mungkin untuk membangun sekolah atau universitas yang membutuhkan dana banyak, namun Anda bisa memulainya dengan membangun lembaga pendidikan yang bukan formal, seperti mendirikan tempat les atau bimbingan belajar (bimbel).

Contoh UKM yang saat ini sangat populer di bidang Pendidikan adalah GO (Ganesha Operation) yang dirintis oleh Bob Foster yang dulu mengawali bisnisnya dari UKM dan sekarang sudah menjadi perusahaan yang terkenal dan besar.

Bidang Teknologi Internet

Seiring dengan berkembangnya arus globalisasi dan IPTEK saat ini menyebabkan kebutuhan Internet semakin meningkat, tidak ada orang yang tidak bisa menggunakan Internet. UKM dengan basic teknologi internet atau yang disebut start up semakin banyak muncul. Hal ini disebabkan semakin tingginya kebutuhan akan informasi, hiburan dan layanan publik. Tingginya permintaan itu menyebabkan usaha digital semakin menguntungkan.

Jika butuh referensi, usaha yang ingin di rintis di bidang Internet mungkin Anda bisa mendirikan Warnet atau penjualan jasa membuat sistem atau membuat aplikasi. Contoh UKM yang sukses di bidang ini adalah Kaskus, yang dirintis oleh Andrew Darwin.

Bidang Otomotif

Dunia otomotif di Indonesia saat ini semakin berkembang, hal tersebut bisa kita lihat dari banyaknya jumlah kendaraan di jalan raya dan banyaknya muncul merek-merek kendaraan terbaru hampir setiap tahunnya, hal ini membuktikan bahwa dunia otomotif saat ini sedang berkembang dan banyak melakukan inovasi.

Sebenarnya kondisi tersebut bisa menjadi peluang usaha, bagi yang suka dan gemar dengan otomotif mungkin bisa mencoba bidang ini.

Selain bisa menjadi wadah untuk menyalurkan hobi yang bisa mendatangkan kesenangan pribadi juga bisa menghasilkan omzet dan prospect penghasilan yang bagus.

Jika anda bingung ingin membuka usaha apa, mungkin Anda bisa mengawalinya dengan menjual spare part, menjual jasa service kendaraan, jasa Doorsmer, atau yang lainnya.(Nailil)

Tags: