Faktor Keberhasilan UMKM

pengertian ukm naik kelasUMKM atau usaha mikro kecil adalah suatu kegiatan ekonomi rakyat yang memiliki skala kecil atau menengah. Usaha mikro kecil dan menengah atau UMKM ini dipandang cukup memberikan kontribusi untuk perekonomian nasional karena mampu menyerap pengangguran di Indonesia.

Adapun faktor-faktor yang dapat mempengaruhi keberhasilan UMKM, diantaranya adalah:

  1. Dalam keberhasilan UMKM minat berwirausaha memiliki peranan yang sangat penting. Di samping itu, dimensi perubahan manajemen, dimensi perubahan dan dimensi-dimensi lainnya yang saling berkaitan juga memiliki peranan yang cukup penting dalam mempengaruhi keberhasilan UMKM.
  2. Dalam keberhasilan UMKM jaringan sangat diperlukan. Jaringan digunakan untuk mengatur koordinasi serta dapat mewujudkan kerjasama dalam unsur organisasi. Unsur-unsur tersebut pada umumnya dapat berupa unit. Awal mula terbentuknya jaringan ialah dari komunikasi yang nyaman. Untuk membentuk komunikasi yang nyaman hal ini sangat dipengaruhi oleh karakter.
  3. Dalam melakukan kegiatan pemasaran, merek merupakan bagian terpenting. Produk yang kreatif dalam melakukan usaha mikro kecil dan menengah lebih menarik perhatian konsumen, merek pada sebuah produk akan menujukan profesionalitas dan kualitas produk, produk yang dijual dengan menarik maka tentunya akan lebih menarik perhatian konsumen.
  4. Dalam kemajuan usaha melakukan promosi memiliki peran yang cukup bagus. Strategi promosi yang berbeda dan kreatif memiliki peluang yang bagus untuk kemajuan usahanya.
  5. Kepercayaan

Dengan tidak adanya kepercayaan di antara tim, sama sekali tidak ada gunanya melanjutkan daftar. Sejauh ini, kepercayaan merupakan faktor terpenting dalam daftar dan memungkinkan faktor-faktor lain terwujud.

Pengertian UMKM – Kepercayaan bekerja pada berbagai tingkatan. Ketika Anda memercayai anggota tim Anda, Anda tahu bahwa mereka terbuka tentang tujuan mereka sendiri (tidak ada agenda tersembunyi) dan Anda dapat mengandalkan mereka untuk menangani tanggung jawab mereka sendiri sebaik mungkin (dengan cara mereka sendiri). Mereka tidak pergi di belakang Anda dan dapat mempercayai Anda sebagai balasannya. Rasa saling percaya antara anggota tim akan memungkinkan mereka untuk bersikap kritis terhadap satu sama lain tanpa takut dicap – dan mereka juga akan lebih mudah menerima kritik. Lihat juga bagian tentang ketidakpuasan positif.

Suasana kepercayaan di antara tim inti perusahaan akan menyebar secara organik ke karyawan, pelanggan, dan mitra. Udara positif ini seringkali dapat langsung dirasakan.

Terkadang, mungkin ada konflik dalam tim karena satu dan lain hal. Dalam situasi ini juga, kepercayaan adalah sumber daya yang luar biasa, yang memungkinkan perselisihan diselesaikan tanpa menyimpang dari masalah yang ada.

Kepercayaan dibangun perlahan dan bisa hilang dalam sekejap. Waktu harus diberikan untuk membangun kepercayaan. Bahkan jika anggota tim mengenal satu sama lain dari sebelumnya, lingkungan bisnis yang baru dapat cukup berbeda sehingga koeksistensi di dalamnya membutuhkan latihan. Merencanakan operasi bisnis selama beberapa minggu berkemah dalam kondisi kasar dapat menjadi pilihan yang baik.

Tercantum secara singkat seperti ini, faktor-faktor ini tidak tampak istimewa, bukan? Rahasia dan tantangan terletak pada kenyataan bahwa banyak dari orang yang terlibat memiliki atribut yang bisa sulit atau bahkan tidak mungkin diperoleh melalui studi. Ini membawa kita pada apa yang sebenarnya merupakan elemen meta paling penting dalam daftar: tim yang tepat, yaitu orang yang tepat dengan atribut yang tepat melakukan tugas yang tepat. Dengan kata lain, tim yang tepat adalah faktor keberhasilan bagi faktor keberhasilan usaha lainnya.

Daftar faktor keberhasilan semacam ini adalah apa yang bisa disebut bacaan “baik-untuk-tahu”, dan hanya itulah yang akan terjadi tanpa kesediaan untuk benar-benar menerapkannya di perusahaan Anda sendiri. Satu hal yang pasti adalah bahwa bahkan jika Anda memutuskan untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan, aplikasi dan implementasi akan membutuhkan waktu – dan melibatkan beberapa kesalahan yang tidak dapat dihindari. Yang sedang berkata, itu adalah perjalanan yang luar biasa bahwa setiap orang yang bertujuan untuk sukses harus dimulai hari ini.(Yulianti)

Tags: