Jasa Legalitas Perusahaan

legalitas perusahaanJasa Legalitas Perusahaan – Era Industri  4.0 banyak masyarakat berlomba-lomba untuk menciptakan lapangan kerja daripada harus mencari kerja.Tentulah bagi para pelaku bisnis atau industri ini legalitas perusahaan yang dirikan menjadi salah syarat demi kelancaran bisnis. Selain demi kelancaran usaha, legalitas bisnis juga sangat diperlukan oleh seorang konsumen agar dapat menumbuhkan rasa percaya terhadap kita.

Sebut saja sebuah bank, dimana bank tersebut belum memiliki legalitas dari pihak terkait tentu saja kita sebagai pelanggan akan berpikir berulang-ulang untuk menggunakan jasanya. Oleh sebab itu, saat ini mengurus segala yang berhubungan dengan legalitas sebuah perseoran sangat diperlukan dan jika mengurus sendiri terlalu sulit maka saat ini sudah penyedia layanan pengurusan alias jasa legalitas sebuah perusahaan.

Jasa pembuatan legalitas perusahaan

Jasa pembuatan legalitas perusahaan bisanya melakukan pengurusan terkait status hukum dari sebuah badan. Adapun status atau berkas yang dilakukan pembuatan oleh penyedia layanan jasa diantaranya ;

  1. Kepengurusan Akte. Akte disini maksudnya adalah bekas dimana berkas tersebut berhubungan dengan data perusahaan seperti nama, jenis usaha, nama pemiliki modal, nama direktur utama, nama direktur, dan nama para komisarisnya. Dengan adanya akte ini maka jadilah sebuah lembaga yang memiliki badan hukum.
  2. Kepengurusan Surat Domisili Usaha. Setelah akte, biasanya pihak penyedia layanan melakukan pengurusan surat keterangan di tingkat kelurahan dan surat yang diurus adalah surat domisili usaha dimana menyatakan lokasi dimana badan itu didirikan.
  3. Kepengurusan NPWP. Selanjutnya, dokumen penting bagi sebuah badan adalah NPWP atau Nomor Pokok wajib Pajak, yaitu nomor khusus oleh pemerintah untuk Wajib Pajak (WP) sebagai sarana dalam administrasi perpajakan. NPWP ini digunakan sebagai identitas dalam melaksanakan kewajiban sebagai warga yang menjalankan bisnis dan taat pajak.
  4. Mengurus Surat Keputusan Pengesahan atas Akte Pendirian dari Instansi terkait yaitu Departemen Hukum dan HAM.
  5. Mengurus SIUP. SIUP merupakan Surat Izin Usaha Perdagangan, surat ini merupakan berkas wajib bagi sebuah perusahaan agar badan tersebut dapat beroperasi sebagaimana mestinya dan lancar kedepannya. SIUP terbagi atas 4 jenis yakni ; SIUP Mikro, SIUP Kecil, SIUP Menengah, SIUP Besar. Hal ini dibagi atas besaran modal awal setoran.
  6. Selanjutnya tak kalah penting yaitu kepengurusan akan bahwa perusaahan tersebut sudah terdaftar (TDP).

Jasa pengurusan legalitas perusahaan

Seiring perkembangan jaman, aturan birokrasi apapun di Indonesia juga ikut mengikuti arus seperti bidang lainnya. Salah satu  bentuk revolusi dari aturan birokrasi sistem perizinan berusaha  bagi badan di Indonesia adalah Peraturan Pemerintah 24 Tahun 2018 Tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik. OSS atau sistem Online Single Submission, melalui sistem ini, setiap perusahaan di tuntut untuk mempunyai NIB.  Nomor Induk Berusaha (NIB) diintrodusir oleh OSS dimana Pelaku usaha, baik itu perorangan, perseroan,badan usaha maupun badan hukum harus memiliki nomor ini sebagai identitas pelaku bisnis. NIB ini juga menjadi TDP, API dan Akses Pangabean. Singkatnya melalui 1 nomor kita sudah bisa memiliki perizinan lainnya karna melalui satu pintu.

Legalitas perusahaan jasa konstruksi

Kebutuhan akan legalitas bagi setiap perusahaan adalah berbeda beda. Kebutuhan akan badan yang bergerak di bidang kesehatan tentulah berbeda dengan yang bergerak dibidang jasa kontruksi misalnya.

Sebut saja legalitas perusahaan jasa konstruksi, kita pasti akan membutuhkan Legalitas Badan Usaha Jasa Konstruksi Di Indonesia (SIUJK) dimana itu adalah Ijin Usaha Konstruksi yang dikeluarkan dan diterbitkan oleh pemerintah setempat atas izin usaha terhadap badan dimana badan bisnis tersebut sudah memiliki sertifikat klasifikasi dan kualifikasi dan tanda registrasi badan usaha yang dikeluarkan oleh lembaga jasa konstruksi.

Beberapa contoh izin wajib dimiliki antaranya ; Ijin Perencana, Ijin Pelaksana dan Ijin Pengawas Dengan klasifikasi arsitektur, Sipil, Mekanikal, Elektrikal, Tata Lingkungan Dan Manajemen Pelaksanaan .

Biro jasa pengurusan legalitas perusahaan

Berbicara tentang biro atau penyedia jasa pengurusan apapun itu termasuk legalitas perusahaan, tentunya ada budget yang harus dikeluarkan untuk kepengurusannya. Budget ini tergantung penyedia layanannya akan tetapi biasanya mereka memiliki pilihan antara ingin menghitung pengeluaran semuanya dari biaya adm, photocopy hingga jasa sekaligus alias terima bersih ada juga yang memisahkannya, kita cukup membayar jasa sedangkan biaya adm photocopy data-data terkait ditanggung yang punya badan.

Tags: