Jasa Notaris Perjanjian Kerjasama Pekabaru

Tidak dapat dipungkiri, kerjasama tidak terlepas dari dunia bisnis dalam meningkatkan keuntungan. Banyak pelaku usaha baik kecil maupun besar melakukan kerjasama antar sesama pebisnis untuk memperkuat prospek bisnis yang tengah dijalankan.

Namun, tidak jarang hasrat agar dapat meraup keuntungan lebih banyak mengakibatkan rusaknya kerjasama tersebut. Sebab itu, dibutuhkan perjanjian hitam di atas putih agar tidak terjadi kecurangan di antara semua pihak dalam kerjasama itu. Lalu, apa itu perjanjian kerjasama?

Perjanjian Kerjasama

Perjanjian kerjasama biasanya dibuat dalam bentuk surat yang memuat klausal maupun ketentuan secara khusus agar dapat dipahami dan disepakati oleh semua pihak. Biasanya, perjanjian kerjasama melibatkan dua pihak atau lebih yang memiliki hak dan kewajiban sesuai isi perjanjian kerjasama tersebut. Perjanjian kerjasama juga berisikan deskripsi terkait kontribusi dari semua pihak dan bersifat.

Perjanjian kerjasama yang dinyatakan dalam bentuk surat atau dokumen otentik menjadi bukti bahwa semua pihak terkait tengah bekerjasama berdasarkan kesepakatan dengan adanya tanda tangan dari semua pihak.

Fungsi Perjanjian Kerjasama

Dengan adanya hitam di atas putih, semua pihak yang terkait dalam kerjasama bisa mengetahui seluruh hak serta kewajiban masing-masing. Mengingat pentingnya perjanjian kerjasama yang sudah disepakati, fungsinya juga tak hanya sebagai bukti otentik adanya jalinan kerjasama. Ada beberapa fungsi lainnya dari perjanjian kerjasama, diantaranya sebagai berikut:

Keamanan

Adanya perjanjian kerjasama dalam bentuk tertulis yang disepakati dan ditandatangani bersama, semua pihak terkait akan merasa lebih aman akan terjadinya risiko dalam kerjasama. Sebab, perjanjian kerjasama bersifat mengikat dan memberi jaminan bagi semua pihak yang memiliki hak serta kewajiban masing-masing sehingga risiko kecurangan dapat diminimalisir.

Minimalisir Risiko

Menjalin kerjasama artinya setiap pebisnis harus siap menerima risiko yang mungkin saja terjadi. Risiko maupun masalah yang sering muncul di tengah kerjasama salah satunya perselisihan terkait hak dari masing-masing pihak terkait.  Namun, perjanjian kerjasama yang berisikan kesepakatan bersama dapat meminimalisir risiko mungkin saja terjadi.

Penyelesaian Masalah

Selain itu, perjanjian kerjasama juga menjadi alat penyelesaian jika terjadi masalah di tengah kerjasama tersebut. Bahkan, perjanjian kerjasama dapat menjadi bukti sah ketika masalah harus dibawa ke pengadilan.

Jasa Notaris Perjanjian Kerjasama

Pentingnya fungsi perjanjian kerjasama yang dilakukan, dibutuhkan jasa notaris untuk memastikan keabsahan setiap dokumen maupun surat-surat penting dalam perjanjian kerjasama yang dijalin.

Notaris adalah seseorang yang memililki kuasa dan wewenang dari pemerintah dalam membuat akta otentik seperti perjanjian kerjasama sesuai hukum dan aturan berlaku, termasuk pengesahannya

Selain itu, jasa notaris memudahkan dalam urusan legalitas perjanjian kerjasama tersebut sesuai hukum dan aturan yang berlaku di tanah air. Jasa notaris juga membantu jika terjadi sengketa di bidang hukum, baik perdata maupun pidana.

Adanya layanan jasa notaris perjanjian kerjasama Pekanbaru tentunya akan menghemat waktu, tenaga serta biaya. Akan tetapi, terdapat beberapa hal yang harus diketahui sebelum menggunakan jasa notaris perjanjian kerjasama Pekanbaru, yakni sebagai berikut:

Tugas Notaris

Hal pertama yang harus diketahui adalah tugas jasa notaris. Jasa notaris perjanjian kerjasama Pekanbaru bertugas membukukan surat-surat perjanjian kerjasama hingga membuat salinan yang berisikan rincian atas kesepakatan dari perjanjian kerjasama itu.

Keharusan Jasa Notaris

Jasa notaris perjanjian kerjasama Pekanbaru memiliki keharusan untuk bertindak jujur, mandiri, cermat, tanpa keberpihakan, dan melakukan pengawasan terkait kebutuhan pihak terkait dalam perjanjian kerjasama.

Larangan untuk Jasa Notaris

Tidak hanya memiliki kewajiban yang harus dilakukan, jasa notaris perjanjian kerjasama Pekanbaru juga mempunyai larangan. Yakni, jasa notaris perjanjian kerjasama Pekanbaru dilarang untuk menggunakan jabatannya di luar kewajibannya atau merangkap menjadi advokat maupun petinggi negara.

Selain itu, pastikan jasa notaris perjanjian kerjasama Pekanbaru yang akan digunakan memberikan pelayanan sesuai hukum dan aturan di tanah air dan mengerti akan kaidah serta kode etik notaris.

Pastikan jasa notaris perjanjian kerjasama Pekanbaru yang digunakan mengerti, memahami tugas serta kewajibannya juga wewenangnya sebagai pejabat yang ditunjuk untuk memberikan legalitas dan keabsahan perjanjian kerjasama tersebut.

☎ HP/WA. 0852 1083 2769

Tags: