Jasa Pembuatan PT dan CV di Pekanbaru

Jasa Pembuatan PT dan CV di PekanbaruJasa Pembuatan PT dan CV di Pekanbaru – Perseroan Terbatas (PT) dan Perseroan Komanditer (CV) adalah sama-sama bentuk badan usaha yang banyak dikenal oleh masyarakat di Indonesia. Dua jenis badan usaha inilah yang paling banyak didirikan oleh para pelaku usaha.

Meskipun sama-sama badan usaha, antara CV dan PT memiliki banyak perbedaan. Sehingga bagi anda yang ingin membuat usaha sangat disarankan memahami perbedaan keduanya dengan baik. Tujuan anda memahami agar jenis usaha kamu sesuai dengan apa yang diinginkan kelak. Jika tidak paham, tentu saja akan ada kendala di kemudian.

Perbedaan antara PT dan CV

Secara garis besar berikut ini adalah perbedaan antara PT dan CV :

Bentuk perusahaan serta dasar badan hukumnya

Bentuk usaha PT adalah jenis usaha yang berbadan hukum sehingga proses pendiriannya haruslah sesuai dengan aturan UU No. 40 Tahun 207 yang mengatur tentang PT. Badan usaha ini sangat cocok sekali untuk kamu yang mempunyai bisnis skala besar, kecil atau menengah. Berbeda dengan CV, tidak berbadan hukum serta tidak peraturan yang mengaturnya dan biasanya ini digunakan untuk Usaha Kecil Menengah (UKM).

Ketentuan pendirian

Untuk jenis PT dimungkinkan adanya warga negara asing sebagai pendirinya, sedangkan CV tidak. Sedangkan untuk para pendirinya sama-sama harus minimal dua orang warga negara Indonesia.

Penggunaan Nama

Untuk penggunaan nama perusahaan dimana PT sudah di atur dengan membubuhi PT di awal nama perusahaan sedangkan CV tidak perlu.

Modal perusahaan

Untuk modal Usaha PT haruslah sesuai dengan peraturan yang ada sedangkan CV tidak ada peraturan terkait modal.

Kepengurusan

Mengenai kepengurusan PT haruslah memiliki minimal dua orang dimana salah satunya sebagai direksi dan satu orang lagi komisasris. Sedangkan CV juga dua yaitu Persero aktif dan pasif.

Proses pendirian

Proses pendirian PT relatif lebih lama dibandingkan CV.

Untuk proses pembuatan kedua jenis usaha ini tentu saja kita membutuhkan jasa yang tepat dalam membantunya agar proses pendirian berjalan dengan baik.

Syarat Pembuatan PT

Ketika hendak membangun usaha Perseroan Terbatas tentu saja hal pertama kali harus anda lakukan adalah mencari tahu apa saja persyaratan mesti disiapkan.

Berikut ini beberapa persyaratan dokumen yang harus disiapkan tahun 2019

  • Copyan atau boleh juga dalam bentuk hasil SCAN E-KTP, NPWP dan KK terbaru pengurus perusahaan (direktur dan komisaris)
  • Copyan atau boleh juga dalam bentuk hasil SCAN E-KTP, NPWP dan KK terbaru pemegang saham
  • Menyiapkan kopian dari PBB serta bukti pembayaran PBB terakhir sesuai dimana domisili perusahaan.
  • Jika perusahaan belum milik sendiri masih menyewa gedung atau ruko maka harus melampirkan Copyan sewa jika sudah memiliki maka bukti kepemilikan.
  • Surat Keterangan Domisili dari pengelola Gedung/Ruko
  • Melampirkan foto kantor baik itu terlihat dari luar maupun dalam
  • Kantor berada di zonasi perkantoran / zonasi komersial / zonasi campuran

Biaya Pembuatan PT

Berbicara tentang biaya tentu saja akan relatif, setiap tahun biaya akan mengalami perubahan. Untuk pastinya kamu bisa hubungan badan pembantu yang bisa membantu kamu dalam pembuatan Perseroan Terbatas ini. Kamu bisa memperkirakan biaya dalam pengurusan dan pastinya kamu juga harus menyiapkan dana modal.

Karena jenis usaha dalam badan usaha ini memang harus memiliki modal awal sesuai UU yang ada. Pastikan juga kamu memperhitungkan gaji anggota apabila sudah langsung memperkerjakan orang lain.

Bagaimana Cara Pembuatan PT

Setelah tahu persyaratan dan mempertimbangkan biaya yang relatif maka kamu juga harus tahu bagaimana cara pembuatan Perseroan Terbatas ini. berikut tahapan yang harus anda lakukan :

  1. Pengecekan nama oleh Notaris

Tahapan awal anda harus menyediakan beberapa nama usaha kamu agar dicek oleh Notaris. Karena jika kamu hanya mengajukan satu, bisa saja nama yang diajukan haris diganti dan mengajukan nama baru.

  1. Pembuatan Draft Akta oleh Notaris

Jika nama sudah ditetapkan dan dipastikan bisa digunakan maka selanjutnya notaris akan membuatkan draft akta untuk nama tersebut. Untuk revisi sebelum proses pembubuhan tanda yang di hadapan notaris, biasanya kamu akan diberikan terlebih dahulu draft awalnya.

  1. Finalisasi dan Tanda Tangan Akta dihadapan Notaris

Selanjutnya penada tanganan draft oleh pemilik saham dihadap notaris jika sudah direvisi. Setelah itu, pihak notaris akan membuat salinan terkait akta tersebut dan mendaftarkannya ke Kemenkumham untuk mendapatkan Surat Keputusan dari Kemenkumham untk mengesahkan Akta tsb, yg saat ini sekaligus ter-daftar bersama no NPWP di .

  1. Pengambilan NPWP dan SKT Perusahaan

Apabila NPWP sudah didaftarkan maka Kantor Pelayanan Pajak akan mengeluarkan NPWP dan SKT. Tentu saja hal tersebut dengan persyaratan bahwa dokumen sudah dilengkapi.

  1. Pendaftaran NIB

Nomor Induk Berusaha (NIB) adalah nomor sebagai tanda kenal untuk pelaku usaha, fungsi sebagai penganti TDP & API, Akses Kepabeanan serta RPTKA jika diperlukan oleh si pembuat  USAHA.

NIB itu didaftarkan melalui Online Single Submission, jika dibutuhkan barulah mengajukan API karena ini bisa didaftarkan setelah NIB. Sedangkan pemilihan Bidang Usaha di NIB dilakukan dgn memilih KBLI Bidang Usaha yang telah  sesuai.

  1. Pengajuan izin usaha dan izin komersial

Setelah NIB keluar barulah Izin usaha bisa diterbitkan. Izin usaha ini sebagai pengganti dari Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP). Sebelum pengajuan izin komersial, terlebih dahulu harus mengajukan izin usaha.

Pembuatan CVDi Pekanbaru

Bagi kamu yang berada di Pekanbaru hendak membuat bisnis berbentuk CV, sebenarnya di Pekanbaru sendiri banyak sekali jasa pembuatan. Mereka akan membantu kamu mendirikan bisnis kamu sesuai persyaratan yang ada.

Dalam menemukan tempatan ini tentu saja kamu harus menemukan jasa yang tepat di Pekanbaru. Jika sudah menggunakan orang profesional dan memang ahli dalam bidang hukum maka pembuatan bisnis dalam bentuk Perseroan Komanditer akan berjalan lancar.

Pembuatan PTDi Pekanbaru    

Sama halnya dengan CV, jasa pembuatan bisnis badan Perseroan Terbatas juga banyak di Pekanbaru. Kuncinya bagaimana kamu menemukan cara tepat dan jasa tepat pula. Kamu harus benar-benar memastikan orang yang akan membantu adalah ahli mengenai hukum.

Perseroan Terbatas diatur hukum, tentu saja anda harus menggunakan mereka yang paham hukum. Hal tersebut tujuannya agar bisnis kamu ke depannya bisa berjalan baik tanpa ada kendala atau persoalan hukum.

INFO Jasa Pembuatan PT dan CV di Pekanbaru SIlahkan Hub WA 085210832769