Jenis Ukm Di Desa

produk ukm terlarisAda beberapa jenis UKM yang dapat didirikan pada daerah Pedesaan:

Usaha Bercocok Tanam atau Berkebun

Hasil dari bercocok tanam bahkan berkebun dapat dijual, sebab di desa terdapat lahan kosong yang cukup luas dan subur. Maka manfaatkanlah lahan tersebut sebaik-baiknya, Indonesia bahkan terkenal dengan kekayaan alamnya yang berlimpah serta apapun yang ditanam menghasilkan hasil yang bermanfaat. Contohnya:

  1. Berkebun Tanaman Cabai : cabai merupakan tanaman yang memiliki nilai potensial yang dapat menjanjikan keuntungan yang lumayan besar.
  2. Berkebun Pohon Kelapa : kelapa ialah tumbuhan yang semua bagiannya sangat dibutuhkan oleh manusia, bahkan berkebun kelapa ini juga memiliki banyak peminat dalam mengonsumsi.
  3. Budidaya Daun Seledri : daun seledri juga banyak dibutuhkan oleh para konsumen, terutama untuk orang yang membuka usaha dalam bisnis kuliner.

Usaha Beternak Ayam

Indonesia kaya dengan hewan. Ayam merupakan salah satu hewan yang bisa diternak dan sebagai lahan usaha yang bisa memproleh keuntungan. Salah satu jenis ayam yang meiliki banyak permintaan pada waktu lebaran ialah ayam kampung, ayam kampung biasanya dijual dalam harga tinggi daripada ayam lainnya. Cara-cara dalam menternak ayam:

  • Intensif : ayam yang diternak berada didalam kandang setiap hari, jika menerapkan cara ini, maka kamu harus memiliki modal yang banyak dalam pembuatan kandangnya.
  • Semi intensif : ini cara yang dilengkapi dengan membuat kandangnya dalam bentuk luas, maka ayam akan tetap bisa berkelana dan juga dengan mudah kamu dapat memantau kesehatan dan segi makannya. Jika ayam sudah tumbuh dengan baik, maka kamu dapat menjual ayam di pasaran dan memperoleh keuntungan.

Budidaya Ikan

Salah satu UKM yang menghasilkan banyak keuntungan ialah melakukan budidaya ikan. Sebelum melakukan budidaya ikan, sebaiknya lakukan survey harga ikan di pasaran terlebih dahulu, barulah membudidaya pasokan ikan. Hal yang dibutuhkan untuk membuka usaha budidaya ikan yaitu bibit ikannya, makanan ikan, serta kolam untuk ikan. Serta jangan lupa untuk selalu mengurus serta memantau ikan yang dibudidaya.

  • Budidaya ikan hias
  • Budi daya ikan yang akan dikonsumsi

Pertamini

Penduduk desa juga memiliki kendaraan roda dua bahkan juga ada yang memiliki kendaraan roda empat, ataupun desa yang dijadikan sebagai objek wisata dan hal ini menjadikan desa sebagai tempat yang mengharuskan untuk menjual bensin. Biasanya di setiap desa sangat jarang orang yang menjual bensin, walaupun ada itupun terletak dalam jarak yang begitu jauh. Setiap kendaraan pasti membutuhkan bensin, justru hal ini bisa dijadikan sebagai peluang dalam berbisnis untuk masyarakat setempat. Kamu bisa membuka usaha pengisian bensin yang pengisiannya seperti pom bensin tetapi dalam bentuk sederhana. Usaha ini juga bisa membuat pendapatan masyarakat menjadi naik, sehingga bisa membantu dalam pendistribusian pasar-pasar yang ada di kota nantinya.

Usaha Kerajinan Tangan

Kerajinan tangan memiliki daya ekspor yang meningkat di Indonesia, hal ini memiliki arti bahwa membuka usaha dalam bentuk kerajinan memiliki keuntungan yang banyak sebab kerajinan juga sangat banyak memiliki peminatnya di dunia pasaran global. Kerajinan biasanya dibuat dengan menggunakan bahan dasar sumber alam atau barang yang di daur ulang sehingga menghasilkan barang yang bagus. Barang-barang hasil kerajinan ini bisa digunakan untuk perabot rumah tangga agar cantik, untuk dikantor, dan juga bisa dijadikan sebagai objek pameran.

Tips Sebelum Buka UKM DESA

Hal yang dilakukan sebelum membuka UKM di daerah pedesaan

Survey peluang usaha yang ada di desa terlebih dahulu

Lakukan untuk penyurveian lahan, bibit, bahan yang dibutuhkan, karena hal ini dibutuhkan dalam membuka usaha agar bisa menjalankan usaha dengan lancar, serat terutama sekali ialah tanyakan tentang lingkungan pedesaannya agar kamu yang membuka usaha tetap merasa nyaman di daerah tersebut.

Amati dan Modifikasi

Cara yang baik dilakukan dalam membuka usaha yang sukses ialah mengamati hal ini merupakan sebuah cara yang baik dalam belajar membuka usaha, setelah mengamati kamu bisa langsung melakukan modifikasi terhadap hal-hal yang dihasilkan dari amatan kamu sendiri terhadap usaha yang akan didirikan.(Mechy)

Tags: