Makalah UMKM Pengantar Bisnis

Kata Pengantar

Alhamdulillah, puji syukur saya ucapkan atas kehadirat Tuhan yang Maha Esa karena atas rahmat dan karunianya sehingga saya bisa membuat dan menuntaskan Makalah ini tentang “UMKM Pengantar Bisnis”.

Pada makalah ini saya mengambil referensi dari banyak sumber, maka dari itu saya ingin menyampaikan banyak terima kasih untuk seluruh pihak yang menghargai makalah ini.

Dan jika terdapat banyak kesalahan pada makalah ini, mohon dimaklumi dan dimengerti, karena saya menyadari bahwa makalah ini tidak sepenuhnya sempurna. Maka dari itu saya begitu berharap pembaca dapat memberikan saran yang dapat membangun dan menjadikan saya ke yang lebih baik lagi.

Akhir kata, Saya mengucapkan Terima Kasih dan semoga makalah ini bermanfaat dan membantu semua pihak yang membaca…

Pasaman Barat, April 2020

Penulis

DAFTAR ISI

Kata Pengantar…………………………………………………………………1

DAFTAR ISI….………………………………………………………………………2

BAB 1 PENDAHULUAN……………………………………………………..3

  • Latar Belakang……………………………………………………………..3
  • Rumusan Masalah…………………………………………………………3
  • Tujuan………………………………………………………………………3

BAB II PEMBAHASAN

2.1 Kajian Teori……………………………………………………………….4

2.1.1 Pengertian UMKM………………………………………………………4

2.2.1 Pengertian Usaha Mikro, Kecil dan Menengah…………………………4

2.2.2 Ciri-ciri UMKM…………………………………………………………5

2.2.3 Kriteria UMKM yang Sukses……………………………………………6

BAB III KESIMPULAN dan SARAN

3.1 Kesimpulan…………………………………………………………………7

3.2 Saran……………………………………………………………………….7

Daftar Pustaka………………………………………………………………………..7

BAB 1

PENDAHULUAN

  • Latar Belakang

UKM (Usaha Kecil Menengah) mempunyai peran yang begitu penting dalam dunia perekonomian Indonesia dan berperan penting juga dalam memperbaiki perekonomian Indonesia, selain itu juga sebagai jalan alternatif dalam membuka lapangan kerja yang baru, bahkan UMKM juga memiliki peran dalam meningkatkan perkembangan ekonomi setelah krisis moneter yang terjadi tahun 1998 silam di saat banyaknya perusahaan di indonesia yang kesusahan untuk mengembangkan usahanya. Masa sekarang ini banyak UMKM yang telah melakukan kontribusi untuk menolong pendapatan daerah serta pendapatan sebuah negara.

UKM ialah usaha berbentuk kecil yang didirikan masyarakat baik dalam bentuk perorangan serta adanya inisiatif diri sendiri. Banyak masyarakat mengira bahwa jika ingin mendirikan UKM hanya memberikan keuntungan disatu pihak saja, padahal UKM sangat menolong sebab dapat menciptakan lapangan kerja, selain itu UKM juga bisa memanfaatkan segala sumber daya yang ada pada daerah..

2.1 Rumusan Masalah

Berikut ini terdapat beberapa rumusan masalah:

  1. Apa pengertian UMKM?
  2. Jelaskan ciri-ciri UMKM?
  3. Bagaimana kriteria UMKM yang Sukses?

3.1 Tujuan

Tujuan makalah ini dibuat adalah supaya pembaca bisa memahami tentang UMKM:

  1. Penjelasan tentang UMKM
  2. Ciri-ciri yang menggambarkan UMKM
  3. Kriteria UMKM

BAB 11

PEMBAHASAN

2.1 Kajian Teori tentang UMKM

2.1.1 Penjelasan tentang UMKM

UMKM ialah Usaha Mikro Kecil dan Menengah. UMKM menjadi satu bagian terpenting di Indonesia terutama di bidang perekonomian sebab hal ini bisa menjadi penolong bagi keadaan ekonomi negara. UMKM ini berperan besar dalam menopang lajunya perekonomian di Indonesia dan juga sudah sangat membantu Negara atau pemerintah dalam pembentukan karakter masyarakat, karena dengan adanya UMKM bisa menciptakan lapangan kerja serta unit kerja yang baru juga dalam masyarakat yang bisa mendorong pendapatan dalam rumah tangga, selain itu UMKM juga akan meminimalkan pengangguran dalam masyarakat suatu daerah. UMKM mempunyai fleksibilitas yang bagus daripada usaha yang memiliki kapasitas lebih besar.

2.2.1 Pengertian UMKM

Berikut akan dijelaskan beberapa penjelasan mengenai UMKM:

  1. Usaha yang didirikan oleh perorangan maupun berbentuk badan usaha yang bersifat produktif bahkan sudah memenuhi berbagai ciri-ciri yang ada pada Undang-undang.
  2. Sebuah usaha yang bergerak di bidang perdagangan bahkan menyangkut tentang kegiatan wirausaha yang dikelola oleh perorangan atau sebuah badan usaha dalam bentuk lingkungan kecil atau menengah.
  3. Usaha yang dapat membantu perekonomian negara, sebab dengan adanya UMKM dapat menciptakan banyak lapangan kerja serta dapat menaikan pendapatan negara melalui pajak.
  4. Usaha yang memiliki suatu aktivitas pada perekonomian untuk membantu pembangunan Indonesia di bidang agraris, bisnis, manufaktur, bahkan sumber daya manusia. Secara tidak langsung UMKM dapat memulihkan perekonomian negara.

2.2.2 Ciri-ciri Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM)

  1. Ciri-ciri Usaha Mikro
  2. Jenis barang/commodity usahanya tidak menetap dan sewaktu-waktu bisa berubah
  3. Tempat usahanya nomaden atau tidak menetap
  4. Belum melakukan administrasi keuangan, serta tidak mencampurkan keuangan usaha dengan keuangan pribadi
  5. SDM yang belum memiliki jiwa wirausaha
  6. Rendahnya tingkat pendidikan
  7. Kebanyakan belum melakukan akses pada lembaga keuangan atau Bank
  8. Umumnya usahanya ilegal atau tidak memiliki izin usaha yang legal
  9. Perputaran usaha relatif tinggi meski di tengah krisis usaha nya bisa tetap berjalan dan bahkan terus berkembang
  10. Tidak terlalu mempertimbangkan suku bunga
  11. Pada umumnya SDM nya memiliki karakter yang ulet serta lugu dan mau menerima bimbingan usaha dar sebuah pihak.
  1. Ciri-ciri Usaha Kecil
  2. Jenis barang/commodity bersifat menetap
  3. Lokasi usaha juga bersifat menetap
  4. Telah melaksanakan administrasi keuangan atau bank
  5. Sudah mempunyai surat izin usaha
  6. SDM atau pekerja memiliki pengalaman dalam berwirausaha
  7. Segala keperluan modal sudah melalui akses bank
  8. Belum bisa melakukan manajemen pada usahanya seperti pada rancangan dalam melakukan berwirausaha
  1. Ciri-ciri Usaha Menengah
  2. Memiliki pengorganisasian usaha yang lebih berkembang dan baik, teratur dan modern dan keren
  3. Telah melaksanakan manajemen pada sistem akuntansinya, sehingga dapat memudahkan penilaian yang dilakukan oleh pihak bank
  4. Telah melakukan aturan pemeliharaan kesehatan serta organisasi perburuhan

2.2.3 Kriteria atau standar UMKM yang Sukses

  1. Ketika mendirikan sebuah Usaha, konsumen yang akan mengunjungi untuk mencari produk dari usaha yang dilaksanakan bukan para pelaku usaha yang menawarkan produk ke konsumen dalam kata lain uang yang mengejar kita bukan kita yang mengejar uang.
  2. Jumlah konsumen atau pembeli terus bertambah dari waktu ke waktu
  3. Jumlah Omzet atau kekayaan terus meningkat
  4. Penghasilan yang diperoleh bisa menyembunyikan biaya operasional
  5. Adanya laba yang tersisa untuk biaya pengembangan usaha
  6. Jumlah unit usaha terus meningkat
  7. Mampu menyejahterakan pemilik usaha dan karyawan
  8. Memiliki sedikit atau banyak prestasi

BAB III

KESIMPULAN dan SARAN

  • KESIMPULAN

Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa dengan adanya UMKM ini kita dapat mengurangi dan meminimalkan jumlah pengangguran karena di dalam UMKM ini kita mendapatkan hasil yang menjanjikan di satu sisi juga menambah pendapatan daerah, membuka peluang usaha untuk berinvestasi dan menanamkan modal dalam jangka waktu yang bisa lumayan lama. Dengan adanya UMKM masyarakat juga bisa melakukan wirausaha sendiri tidak memerlukan pegawai atau tenaga kerja lainnya, sebab UMKM keuntungannya lebih menjanjikan.

  • SARAN

Saran untuk pemerintah agar memperhatikan dan membantu usaha UMKM ini agar lebih berkembang dan menjadi lebih besar dengan cara memberikan pelatihan, fasilitas dan pengarahan untuk menjadi UMKM yang sukses. Bagi masyarakat yang belum memiliki pekerjaan atau menginginkan penghasilan bisa mencoba untuk membuka usaha seperti beberapa uraian di atas.(Nailil)

DAFTAR PUSTAKA

Sumber: internet, 2014, Contoh Makalah UMKM, rivandi6.blogspot.com

Tags: