Menciptakan Peluang Usaha Di Desa

peluang usaha menjanjikanBanyak sekali orang berlomba-lomba untuk membangun usaha saat perkembangan ekonomi yang sedang pesat ini. Berbagai bidang dirintis dari minuman, makanan, pakaiannya dan masih banyak lagi. Di perkotaan banyak sekali orang berbisnis. Akan tetapi peluang berbisnis di desa ternyata banyak juga mendapatkan keuntungan.

Banyak sekali keuntungan yang didapatkan jika memulai usaha di perdesaan. Karena di pedesaan banyak sekali mendapatkan sumber daya manusia dan yang pastinya saingan untuk berusaha masih sedikit. Jadi otomatis akan banyak yang berlangganan dengan usaha kita terutama jika usaha kita yang ada satu-satunya di desa tersebut. Selain itu anda juga bisa menjual hasil dari usaha anda di perkotaan. Contohnya saja usaha susu sapi murni. Anda memiliki tempat usaha di desa dengan sumber daya yang ada di desa kemudian menjual hasil perasan susu sapi di perkotaan. Dan tentunya akan mendapatkan keuntungan yang lebih banyak. Selain itu anda pastinya membuka lowongan pekerjaan dan membantu warga desa dalam berpenghasilan.

Keuntungan Usaha di Desa

Berikut keuntungan jika berusaha di pedesaan:

Membantu meningkatkan penghasilan warga desa

Banyak sekali warga di pedesaan merantau ke Kota untuk mengadu nasib di perkotaan. Akibatnya Kota menjadi semakin padat. Padahal banyak sekali peluang yang dapat diciptakan di pedesaan dan dapat membantu perekonomian di daerah. Sehingga warga desa tidak lagi merantau ke Kota dan dapat bekerja di desanya masing-masing.

Dapat meningkatkan lapangan pekerjaan

Jika anda membuat usaha di desa otomatis anda memperbanyak lapangan pekerjaan buat warga desa. Hal ini dapat membuat warga desa tidak lagi harus ke kota untuk mencari sesuap nasi.

Memperdayakan sumber daya

Masing-masing daerah tentunya memiliki keunggulannya masing-masing. Hanya saja sekarang ini masih banyak yang belum dikembangkan. Padahal ini sangat memiliki peluang yang cukup besar untuk kemajuan bersama jika pandai dalam mengelolanya.

Banyak sekali contoh dalam mengembangkan potensi di daerah yang pastinya anda harus mencobanya terlebih dahulu. Misalnya saja jika daerah tersebut memiliki tanah yang cocok untuk menanam jagung dan anda bisa memanfaatkan potensi dari desa tersebut. Atau desa tersebut mempunyai alam yang sangat indah, anda bisa memanfaatkannya dan menjadikan daerah tersebut sebagai tempat wisata.

Jenis Usaha di Desa

Ada beberapa jenis usaha yang dapat dicoba di desa, diantaranya:

Budi daya ikan lele dan ikan nila

Modal yang digunakan untuk membuat budi daya ini tidak begitu banyak tergantung berapa banyak ikan yang akan anda budidayakan, tergantung berapa besar dan kecilnya dari bibit ikan tersebut.

Beternak kambing

Anda bisa memulai bisnis dengan beternak kambing. Pastinya di desa banyak sekali rumput dan anda tidak kesusahan mencari rumput untuk dijadikan makanan kambing. Usaha anda akan laris manis ketika mendekati hari raya kurban karena pastinya orang banyak membeli kambing dan anda bisa meningkatkan harga jual belinya karena biasanya harga kambing pada hari raya kurban cenderung naik.

Usaha kebun pisang

Keuntungan menjual pisang bisa termasuk lumayan. Anda bisa menjual hasil panen pisang di pasar atau melakukan kerja sama dengan usaha kafe yang menjual pisang goreng atau pedagang yang menjual pisang goreng keju. Karena pada zaman sekarang pisang goreng keju ialah salah satu makanan yang banyak diminati.

Tentunya banyak sekali keuntungan yang didapatkan jika anda pandai dalam mengelolanya. Selain itu upah untuk SDM di desa cenderung lebih murah dari pada dari pekerja yang ada di Kota. Bahan baku di desa juga lebih mudah didapatkan dari pada bahan baku yang terdapat di perkotaan. Pastinya membuat usaha di desa tidak membuat rugi malahan banyak keunggulan yang didapatkan.(Yulianti)

Tags: