Peluang Usaha UKM Modal Kecil

peluang usaha modal kecilPeluang Usaha UKM Modal Kecil – Awal tahun selalu diiringi dengan semangat baru sehingga semangat memulai bisnis sedang berkobar sekali . Hal ini berkaca dari tahun sebelumnya dimana tahu sektor usaha menengah kecil atau ukm di Indonesia ini menyumbang sekitar 60% dari PDB (Product Domestic Bruto) dan bisa memberikan lapangan kerja baru kepada masyarakat sekitar. Sehingga perkembanga ukm terus meningkat dari tahun ke tahun dan tentukan memberikan peluang usaha untuk yang ingin memulai bisnis ukm dengan berbagai modal tak terkecuali modal kecil terlebih saat ini ukm ini sudah mulai mendapat dukungan dari pemerintah.

Peluang usaha adalah

Sekarang ini ada berbagai peluang usaha baru bermunculan dan banyak orang berlomba-lomba menjadi wirausahawan. Dengan modal besar maupun yang modal terbatas atau kecil semuanya tertarik menjadi pebisnis. Sebagai contoh saat ini adalah toko-toko online dengan sistem dropshipper yang bertahan dijagad bisnis Indonesia dengan penghasilan cukup menggiurkan.

Ada beberapa calon pengusaha memutuskan untuk mundur ketika menemukan kendala saat memulai sebuah bisnis, padahal prospek bisnis yang menjanjikan itu sudah ada di depan mata. Untuk memulai tentunya kita harus bisa melihat kans. Peluang usaha adalah probalilitas demi mencapai tujuan (keuntungan, uang, kekayaan) dengan cara melakukan upaya dengan memanfaatkan berbagai sumber daya yang dimiliki.

Peluang usaha di desa

Melihat prospek bisnis harus dari berbagai sisi, sektor dan tempat. Tak terkecuali peluang usaha di desa, jangan mengukur kalau di desa bisnis tidak bisa berkembang. Saat ini adalah jaman teknologi.  Di desa sekalipun, kita bisa membangunnya dan menyebarkan dengan pemanfaatan teknologi sehingga tak ada kata bisnis tidak berkembang di desa.

Peluang usaha rumahan

Mau di desa ataupun kota semuanya tergantung bagaimana kita mengambil kesempatan dan membaca peluang. Usaha itu bisa kita lakukan dimana saja. Tidak harus punya kantor besar, gudang atau lainnya. Kita mulai dari yang sederhana terlebih dahulu, misal melakukan bisnis rumahan. Bisnis rumahan seperti menghasilkan produk rumah tangga, kerajinan tangan dan lainnya.

Peluang usaha menjanjikan

Selain harus pandai melihat bisnis dan mengambil kesempatan untuk melakukan bisnis. Sebagai wirausahawan dituntut harus dapat melihat dengan jeli peluang usaha menjanjikan. Setidaknya berikut tips agar kita dapat memaksimalkan kesempatan untuk menjadi wirausahawan :

  1. Cari potensi lingkungan kita

Banyak orang tergiur dengan potensi tetangga daripada potensi diri sendiri padahal potensi itu jika digali akan menghasilkan sesuatu. Begitu juga dalam bisnis, lihat dan amati potensi lingkungan sebagai contoh, kita tinggal di desa dengan hasil tani berlimpah setidaknya hasil pertanian ini bisa kita jadikan potensi kedepannya untuk bisnis kita.

  1. Tentukan target pasar kita

Target pasar disini bisa juga dikatakan sebagai keinginan pasar kita. Mengetahui target dan memenuhi keinginan target tersebut adalah langkah selanjutnya. Misalkan kita tinggal di perkotaan yang susah untuk mengadakan pertanian dan kebutuhan akan sayuran juga tinggi mungkin penyediaan perlatan pertanian hidroponik dan penyuplaian sayuran atau tanaman bisa menjadi rintisan bisnis yang bisa dicoba untuk pemenuhan kebutuhan masyarakat.

  1. Kolaborasi dengan usaha lain

Terkadang sulit bagi kita untuk memulai bisnis ini, bisa jadi terdapat faktor x yang menghalangi. Sebut saja kita memiliki kans yang cukup, tapi tempat belum memadai. Hal ini bisa diakali dengan melakukan kolaborasi atau kerjasama dengan orang lain seperti menitip produk.

  1. Mulai dari hobi

Kalau sudah melihat potensi, target pasar hingga melakukan kerjasama masih sulit. Terkadang mengikuti kata petuah, “lakukan sesuatu dari hati” itu ada benarnya. Dari hati maksudnya adalah yang benar-benar passionkita atau betul-betul menjadi hobi kita. Karena hobi yang dibayar itu sesuatu yang bisa dirasakan kenikmatannya.

Peluang usaha 2020

Berikut beberapa peluang usaha yang diperkirakan akan menjadi peluang yang baik di tahun 2020 ini ;

  1. Kuliner

Bicara tentang makanan itu tak ada habisnya. Sebab makanan sebagai kebutuhan akan terus mendapatkan target pasarnya sekarang tinggal para pebisnis tinggal memikirkan inovasi. Beberapa pendapat, trend bisnis frenchisedan ala food streetakan menjadi semakin diminati.

  1. Fashion

Selain makanan, fashion juga merupakan kebutuhan akan kehidupan manusia juga akan terus terkenal. Berbagai macam model dan gaya akan terus membanjiri trend fashion di dunia termasuk dunia.

  1. Pertanian/Perikanan

Pertanian juga akan mulai diminati. Budidaya pertanian yang mulai hilang jika kita lihat di perkotaan sedangkan kebutuhan pasar semakin tinggi sehingga prospek di bidang pertanian khususnya pada hidroponik juga memberikan kans yang cukup besar.

  1. Digital Marketing

Selain produk,  peluang membuka usaha bermodalkan jasa juga semakin diminati. Memiliki skill dengan memanfaatkan teknologi juga dapat menjadi prospek besar. Bisnis start up berbasis teknologi informasi dan lain sebagainya beberapa tahun belakangan yang terus berkembang tak terkecuali digital marketing.

Tags: