Peluang Usaha Untuk Pensiunan

ukm dan umkmPortal UKM – Ketika sudah pensiun itu berarti sudah memasuki usia tidak produktif dalam melakukan kerja. Di Indonesia pensiun pada usia 60 tahun, bahkan ada juga yang dibawah 60 tahun. Jika sudah pensiun, tentu dari segi penghasilan kamu tidak akan memperoleh gaji sebanyak pada saat masih bekerja, bahkan kamu tidak akan melakukan pekerjaan sehingga akan merasa bosan. Untuk memperoleh atau menghasilkan uang serta membunuh rasa bosan tersebut kamu bisa membuat usaha agar kamu juga memiliki sedikit kesibukan daripada merasakan bosan dihari tua nanti. Membuka bisnis pada saat masa pensiun merupakan pilihan yang bagus, untuk memenuhi pemasukan yang jumlahnya tidak seperti biasa, sebaiknya pada masa pensiun hindarilah bisnis yang membuatmu sulit, sebab pada masa pensiun ini lah kamu akan merasakan masa-masa santaimu. Dibawah ini akan dijelaskan beberapa jenis usaha yang bagus dilakukan pada saat masa pensiunan:

Membuka rumah kos

Jika kamu memiliki tempat tinggal di daerah perkotaan yang berdekatan dengan sekolah, kampus atau perkantoran, kamu bisa membuka bisnis rumah kosan bahkan kontrakan, hal ini merupakan bisnis yang sangat menguntungkan. Pada saat kamu pensiun kamu akan melaksanakan masa-masa santai, dalam hal ini kamu bisa mendirikan sebuah atau beberapa bisnis. Untuk mendirikan bangunannya memang harus memiliki biaya yang banyak, tetapi setelah bangunan tersebut kamu hanya tinggal menerima bayran dari setiap pengontrak yang menyewa rumah. Bahkan bisnis seperti ini tidak akan mengalami penurunan, melainkan harga sewa kosan selalu naik di setiap tahunnya apalagi jika kamu memberikan fasilitas yang sangat memadai, maka kamu bisa mendapatkan pemasukan yang sangat besar. Walaupun bisnis seperti ini memiliki banyak keuntungan, tetapi kamu harus siap dalam memiliki lokasi serta melakukan promosi.

Rental Motor atau Mobil

Jika kamu memiliki kendaraan, maka kamu bisa membuka jasa sewa rental kendaraan. Jika uang pensiunan yang kamu peroleh lumayan besar, maka kamu juga bisa menggunakan uang tersebut dalam membeli kendaraan. Tetapi, jika kamu telah mempunyai kendaraan maka kamu dapat membuka usaha rental. Jika kamu takut mobil atau kendaraan kamu rusak bahkan hilang kamu cukup mendaftarkan kendaraan pada layanan asuransi, seperti jasa harga, garda oto, ACA, otomate, dan jasa asuransi lainnya. Membuka usaha rental mobil ini juga akan memperoleh keuntungan yang banyak. Bisnis seperti ini tidak akan membutuhkan banyak tenaga. Biasanya bisnis ini memiliki penghasilan yang lumayan besar, terutama pada waktu liburan maka pelanggan akan menyewa kendaraan dalam berhari-hari

Toko Kelontong

Membuka usaha kelontong yang menjual kebutuhan sehari-hari juga merupakan bisnis yang bagus dalam jika kamu telah pensiun nantinya. Kamu hanya memerlukan membuka kedai atau toko di rumah, maka nanti pelanggan akan datang. Dalam urusan modal tidaklah terlalu besar, jadi bisa dijalankan oleh siapapun. Untuk barang yang dijual sebaiknya barang yang mudah laku seperti sembako. Selain menjual sembako kamu juga bisa menjual makanan seperti kue atau roti.

Toko ATK

Selain membuka warung kelontong kamu juga bisa membuka toko penjualan alat tulis atau fotokopi, apalagi jika lokasi rumah berdekatan dengan instansi pendidikan atau perkantoran, sehingga banyak orang yang membutuhkan perlengkapan alat tulis tersebut. Juga bisa ditambahkan sewa fotokopi, jilid, printer, komputer, dan lainnya.

Usaha Peternakan

Membuka usaha peternakan juga bagus untuk mengisi waktu luang pada saat masa pensiun serta mendapatkan tambahan pemasukan. Misalnya dengan beternak ayam, sapi, kerbau, atau kambing. Jika semuanya sudah cukup dalam bentuk fisik, maka kamu akan bisa menjualnya dengan harga yang cukup tinggi. Membuka usaha seperti ini kamu pasti akan mendapatkan uang tambahan yang lumayan banyak. Tetapi jika kamu sedikit kewalahan dalam mengurusi semua hewan ternak, maka kamu bisa menggaji beberapa orang dalam mengurusi hewan ternak tersebut.(Mechy)

Tags: