Septic Tank Pekanbaru

Septic TankJasa Pembuatan Septic Tank Pekanbaru , Septic tank merupakan sesuatu yang harus dimiliki setiap rumah untuk menghindari pencemaran dan berbagai penyakit. Umumnya, septic tank adalah wadah untuk mengolah blackwater atau limbah cari dari kloset hunian. Septic tank memiliki fungsi yang tidak hanya sekedar menampung limbah cair, sehingga harus diperhatikan agar limbah dapat disalurkan ke tempat yang mengolah limbah dengan skala besar atau diresapkan ke tanah.

Secara umum, septic tank pada konstruksi dilengkapi sekat dinding dari bata dengan beton sebagai penutupnya dan penutup control di bagian atasnya, serta pipa T agar dapat memaksimalkan udara masuk ke septic tank.

Septic tank idealnya memiliki konstruksi yang sudah disesuaikan dengan jenis tanah serta ketinggian air tanah hunian. Karena harus sesuai dengan standar kesehatan dan lingkungan, septic tank sebaiknya dibuat di belakang bangunan dari hunian Anda.

Jenis septic tank

Terdapat dua jenis septic tank yang sudah disesuaikan dengan standar kesehatan dan lingkungan di sekitar hunian, yakni sebagai berikut ini:

Septic Tank Terbuka

Jenis septic tank terbuka merupakan wadah penampung limbah cair tanpa adanya penutup di bagian atas ruang resapannya, kecuali untuk limbah padat. Septic tank terbuka biasanya digunakan pada perkampungan dengan lahan yang luas di lingkungan sekitar bangunan rumah.

Septic Tank Terbuka

Septic tank jenis tertutup merupakan wadah penampung kotoran dengan penutup bagian atasnya. Seluruh bagian atas septic tank jenis ini ditutup menggunakan cor beton lalu disemen di bagian ruang resapannya.

Biasanya, septic tank tertutup diterapkan pada rumah dengan lahan sempit, seperti kompleks perumahan.

Septic tank sangat penting keberadaannya di setiap hunian, namun tidak banyak yang mengetahui cara membuat septic tank dengan benar. Untuk itu, sebaiknya gunakan jasa pembuatan septic tank.

Namun, jangan memilih jasa pembuatan septic tank dengan asal-asalan. Ada beberapa hal yang harus dipastikan sebelum memilih jasa pembuatan septic tank, antara lain kualitas, pengalaman, dan harga.

Jasa pembuatan septic tank yang berkualitas sangat mengutamakan keinginan konsumennya. Pastikan jasa pembuatan septic tank yang Anda pilih bersedia menerima setiap keluhan dan memiliki solusi untuk setiap masalah Anda terkait pembuatan septic tank.

Setelah memastikan jasa pembuatan septic tank yang Anda pilih sudah berkualitas, berpengalaman, profesional dan sesuai dengan anggaran Anda, terdapat sejumlah hal yang harus diperhatikan terkait konstruksi dalam pembuatan septic tank dan harus dikonsultasikan dengan jasa pembuatan septic tank, seperti berikut ini:

  1. Ukuran

Hal pertama yang harus diperhatikan sebelum membuat septic tank adalah ukuran. Ukuran merupakan aspek terpenting sebelum merancang konstruksi untuk septic tank yang akan dibuat. Pastikan ukuran untuk membuat septic tank sudah disesuaikan dengan kapasitas penghuni rumah Anda.

Sebaiknya, lakukan perhitungan untuk potensi limbah cair dari penghuni rumah melalui asumsi. Sebab, semakin banyak penghuni rumah, semakin besar pula ukuran yang dibutuhkan untuk membuat septic tank. Dengan demikian, Anda dapat memperkirakan ukuran untuk septic tank yang akan dibuat.

  1. Ukuran Pipa

Agar tidak menimbulkan masalah seperti limbah tersumbat, sebaiknya gunakan ukuran pipa, setidaknya berukuran 4 inchi. Hindari membuat pipa dengan belokan yang terlalu banyak sehingga limbah dapat mengalir dengan lancar.

Selain itu, gunakan pipa pembuangan yang memiliki elevasi dan kemiringan yang cukup agar limbah dapat cepat mengalir ke septic tank.

  1. Pemasangan

Sebenarnya, pemasangan konstruksi septic tank secara tepat dan benar sangat mudah. Pertama, buatlah galian tanah dengan kedalaman dan panjang serta lebar yang sudah disesuaikan. Sebaiknya, lokasi galian tegak lurus untuk memudahkan saat pemasangan dinding. Kemudian, buatlah dinding baru untuk menanam septic tank.

Konstruksi septic tank idealnya harus sesuai dengan ketinggian air tanah dan jenis tanah di sekitar hunian. Selain itu, jarak septic tank dengan air bersih harus diperhatikan dan sebaiknya tidak lebih dari 10 meter untuk meminimalisir terjadinya infiltrasi limbah.

Pastikan konstruksi septic tank yang dibuat sudah sesuai dengan standar SNI. Hindari membuat septic tank yang menyalurkan lumpur melewati tempat terbuka atau sungai agar lingkungan tidak terkontaminasi.

Info Pemesanan WA / TELP 0823 47 900 800

Tags: