Tempat Magang Jurusan Sistem Informasi Pekanbaru

Di tengah perkembangan digital, kehadiran tenaga ahli dalam bidang teknologi infomasi dan komunikasi kian dibutuhkan di berbagai sektor industri, di instansi pemerintahan. Salah satu program studi yang berkaitan dengan teknologi informasi tersebut adalah jurusan sistem informasi.

Bahkan kendati belum meraih sarjana, mahasiswa jurusan sistem informasi sudah mencari incaran berbagai perusahaan melalui program magang. Tapi sebelum membahas kesempatan dan tempat magang bagi mahasiswa jurusan sistem informasi, tidak ada salahnya untuk mengetahui sejarah program studi ini hingga menjadi incaran di dunia kerja.

  1. Sejarah dan Perkembangan Sistem Informasi

Secara garis besar, sistem informasi merupakan ilmu yang mengkombinasikan teknologi informasi dengan aktivitas manusia dalam penggunaan teknologi itu sendiri sebagai pendukung jalannya operasi serta manajemen pada suatu organisasi.

Tapi secara garis besar, jurusan ini mempelajari ilmu dari gabungan perangkat lunak dan keras, sumber data yang dikumpulkan dan jaringan komunikasi, mengubah hingga proses penyebaran informasi pada suatu organisasi.

Awalnya, sistem informasi tak selalu berkaitan dengan teknologi informasi dan komunikasi, tapi seiring kemajuan zaman jurusan ini kemudian menjadi bagian dari teknologi informasi itu tersebut.

Teknologi informasi untuk pertama kali dimanfaatkan sejak sekitar tahun 1960an, namun penggunaannya masih terbatas dikarenakan kecanggihan dari perangkat lunak maupun keras masih sangat jauh dibandingkan sekarang. Tapi, tujuan utama ilmu ini dikembangkan agar proses bisnis dalam suatu organisasi berjalan baik.

Hingga memasuki tahun 2000an, sistem informasi terus dikembangkan seiring pesatnya lajunya perubahan teknologi yang berinovasi. Saat ini, disiplin ilmu ini sudah beradaptasi dan dapat berintegrasikan dengan berbagai beidang keilmuan lainnya untuk mendukung sistem kerja dalam organisasi lebih efektif dan efisien.

  • Tempat Magang Jurusan Sistem Informasi

Magang adalah program praktik kerja lapangan yang berlaku bagi mahasiswa atau siswa sekolah kejuruan di perusahaan maupun instansi yang berkaitan dengan bidang keilmuan yang ditekuni. Tapi tak jarang pula, sebuah organisasi, perusahaan atau instansi akan menawarkan magang untuk memberikan pengalaman kerja dalam periode terbatas.

Di perguruan tinggi, setiap mahasiswa dari berbagai jurusan mengikuti program magang sebagai syarat kelulusan meraih gelar sarjana, termasuk bagi jurusan sistem informasi. Adapun tempat magang jurusan sistem informasi di antaranya sebagai berikut:

  • Perusahaan Jaringan dan Komunikasi

Tempat pertama yang bisa menjadi referensi magang bagi jurusan sistem informasi adalah perusahaan jaringan dan komunikasi. Selain mendapatkan pengalaman dan berkesempatan untuk mempraktikkan ilmu yang selama ini dipelajari ketika kuliah, magang di perusahaan ini akan memberikan kamu pengetahuan terkait network architect.

Apalagi saat ini, pengetahuan terkait jaringan tengah digandrungi mengingat network merupakan sistem yang menghubungkan antara satu orang atau kelompok.

  • Pengembang Aplikasi dan Web

Magang di perusahaan pengembang aplikasi dan web juga merupakan pilihan yang tepat untuk mendapatkan pengalaman kerja. Di sini, kamu tidak hanya memperoleh kesempatan untuk mempraktikkan ilmu selama berkuliah, secara tidak langsung magang diperusahaan ini akan melatih kreatifitas dan skill di bidang IT.

  • Pengembang Hardware

Perusahaan pengembang hardware menjadi pilihan berikutnya sebagai tempat magang untuk jurusan sistem informasi. Di perusahaan ini kamu juga akan terlatih dalam membuat perangkat-perangkat yang dapat dimanfaatkan serta bermanfaat bagi orang banyak.

  • Magang di Garuda Cyber Indonesia

Selain beberapa tempat di atas, Garuda Cyber Indonesia turut membuka kesempatan magang bagi mahasiswa jurusan sistem informasi. Di Garuda Cyber Indonesia, kamu akan dikenalkan langsung dengan dunia kerja sesuai bidang keilmuanmu.

Menariknya, program magang Garuda Cyber Indonesia memberikan kesempatan melaksanakan praktik kerja lapangan tanpa membatasi keahlian. Di sini, kamu akan ditempa, dilatih serta dibimbing langsung oleh mentor atau pembimbing muda Garuda Cyber Indonesia yang berpengalaman dan profesional.

Terkait waktu pelaksanaan magang, Garuda Cyber memberikan kesempatan sesuai dengan permintaan kampus, misalnya 2 sampai 6 bulan. Tertarik? Caranya, cukup melengkapi berkas persyaratan seperti Curriculum Vitae, portofolio dan surta rekomendasi yang dikeluarkan langsung oleh kampus. Kemudian, kirimkan berkas melalui Email Admin@garudacyber.co.id atau bisa langsung antarkan ke alamat Jalan H.R. Soebrantas No.188, Panam, Pekanbaru-Riau.

Tags: