Tempat Magang/Pkl Jurusan Rpl di Pekanbaru

Tempat Magang Ppl Jurusan Rpl di Pekanbaru
Tempat Magang Ppl Jurusan Rpl di Pekanbaru

Magang atau Program Praktek Lapangan (PPL) adalah sebuah program dari institusi pendidikan seperti Sekolah Menengah Kejuruan dan Perguruan Tinggi. Program ini tujuannya agar para peserta didik mendapatkan ilmu sekaligus dapat merasakan langsung pengalaman kerja di lapangan. Para siswa atau mahasiswa langsung terjun ke dunia industri agar setelah selesai menempuh pendidikan nantinya mereka tidak merasa asing lagi.

Selain tujuan tersebut, magang atau PPL ini juga bertujuan agar mereka bisa mengaplikasikan ilmu yang diperoleh selama menempuh pendidikan ke dunia kerja. Namun yang menjadi permasalahan adalah menemukan tempang magang yang pas serta sesuai dengan jurusan.

Tentu saja mereka harus menemukan tempat yang pas sesuai dengan pendidikan mereka, hal ini tujuannya agar ilmu mereka diterapkan di pekerjaan yang sesuai dan merekapun tidak akan kewalahan dalam menjalani magang ini.

Terkadng kampus maupun sekolah menyerahkan pemilihan lokasi kepada peserta didiknya tanpa mereka ikut andil, sehingga siswa atau mahasiswa ini bingung mencari terutama untuk siswa SMK jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL).

Saat ini jurusan RPL menjadi pilihan terdepan, pasalnya jika sekolah di jurusan ini maka siswa terbut bergelut di bidang software. Sebagaimana kita tahu, bahwa kebutuhan software saat ini banyak dan juga banyak muncul software terbaru.

Akan sangat di sayangkan jika siswa dengan jurusan ini hanya magang di sebuah dinas dimana pekerjaan yang diberikan hanya menginput data ataupun mencetak foto copy. Tentu saja itu sangat jauh dari ilmu yang mereka pelajari. Sehingga penting sekali menemukan tempat magang yang pas sesuai dengan mereka seperti di software house atau di Perusahaan IT penyedia software.

Pengalaman Pkl Jurusan Rpl

Berbicara mengenai pengalaman tentu saja sangat banyak sekali pengalaman yang akan di alami para siswa selama masa PKL (Program Kerja Lapangan). Mereka akan menghadapi beragam tantangan dunia kerja, dimana biasanya hanya di sekolah mendengarkan dan mempraktekan apa yang di ajarkan. Selama masa PKL mereka akan menerapkan ilmu tersebut secara langsung.

Tidak hanya ilmu RPLnya, mereka juga akan mendapatkan pengalaman bagaimana disiplin dan kerasnya dunia industri atau pekerjaan tersebut. Pastinya pengalaman PKL tersebut adalah pengamalan yang sangat berharga yang bisa mengantarkan mereka dalam mempersiapkan diri memasuki dunia sesungguhnya selepas dari menempuh pendidikan.

Keuntungan Masuk Jurusan Rpl

Bagi kamu yang saat ini masuk atau memilih jurusan RPL maka itu adalah salah satu langkah yang tepat untuk mengalami karir kamu di bidang IT. Karena teknologi setiap harinya akan terus berkembang dan bisa saja kamu menjadi salah satu di antara mereka yang menciptakan teknologi terbarukan.

Selain itu banyak keuntungan yang akan didapatkan jika berada di jurusan ini seperti :

  1. Banyaknya ilmu pengetahuan yang dibekali untuk kamu di jurusan ini maka akan bsia bekerja di berbagai bidang.
  2. Kamu dapat membangun website sendiri serta bisa menjadi ahli IT.
  3. Memahami fungsi dari komponen dan software komputer.
  4. Jurusan ini belajar lebih mendalami tentang beragam teknologi sehingga akan lebih terdepan jika dibandingkan jurusan lainnya atau orang awam di luar sana.
  5. Akan mempelajari lebih dalam tentang Design Web dan Data Base.
  6. Dalam bidang ini memiliki peluang kerja yang banyak karena peluang kerja dengan kemampuan komputer memang dibutuhkan. Sehingga kamu bisa bekerja dimana saja.
  7. Tidak hanya menjadi programmer, kamu juga bisa bergelut di dalam multimedia misalnya kamu ingin mempelajari proses editing video atau foto menggunakan Corel Draw dan Photoshop.
  8. Ketika proses belajar di kelas lebih cenderung praktek maka akan sangat memudahkan sekali dalam melakukan kerja lapangan.
  9. Pekerjaan akan jauh lebih santai dan tidak butuh tenaga kuat, selain itu bisa dikerjakan dimanapun atau kapanpun. Sehingga kamu tetap bisa menghasilkan uang sendiri jika malas bekerja di luar rumah. Terpenting kamu memiliki koneksi internet.
  10. Anda bisa mendapatkan pengetahuan luas tidak hanya dari sekolah, karena anda mampu menelusurinya sendiri.

Jurusan Rpl Kerja Apa

Untuk pekerjaan, sebenarnya banyak sekali yang bisa anda lakukan ketika sudah memiliki ilmu RPL. Di antara pekerjaan yang bisa dilakukan adalah :

  1. Developer IT

Kamu bisa menjadi orang yang membangun aplikasi atau software IT sesuai kebutuhan client atau membangun aplikasi yang membantu masyarakat agar banyak digunakan.

  1. IT Konsultan

Tidak hanya sebagai developer, kamu juga bisa menjadi konsultan dimana anda bisa memberikan solusi terkait permasalahan client yang berhubungan dengan IT.

  1. Programmer

Menciptakan program atau aplikasi sendiri.

  1. Sistem Analist dan Sistem Integrator

Anda juga bisa menjadi seorang analist yaitu menganalisa permasalahan terkait IT pelanggan.

  1. Database engineer

Merancang sebuah basis data dan menjaganya tetap aman.

  1. Web Engineer

Mendesain dan membuat sebuah website serta menjaga website tersebut tetap bisa berfungsi dengan baik.

  1. Jaringan Komputer

Tidak hanya membuat program, kamu juga bisa mendesain arsitektur dari sebuah jaringan komputer serta melakukan pemeliharaan jaringan tersebut.

  1. Game Developer

Menciptakan atau membangun sebuah game.

  1. Intelligent system developer
  2. Perangkat lunak tester

Kamu bisa menjadi peneliti sebuah software yang sudah dibangun.

Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak

Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak atau disingkat RPL adalah jurusan pada pendidikan yang bergelut di bidang software dan development. Anda akan diajarkan tentang program-program pada perangkat lunak. Misalnya bagaimana membuat sebuah aplikasi, games tentang database, website dan software lainnya.

Jika anda memilih jurusan ini, selaku murid haruslah bersungguh-sungguh mengikuti semua pelajaran yang ada baik itu teori maupun prakteknya. Jika kamu ingin sukses menjadi seorang ahli IT maka modal kesungguhan dan benar-benar dalam belajar adalah kunci utamanya.

Software Enginering ini bisa dikatakan nantinya akan menggeluti profesi yang berada dalam bidang pengembangan perangkat lunak. Pekerjaan yang termasuk di dalamnya mulai dari menganalisa, membuat, memelihara serta memanajemen pengembangan perangkat lunak dan memanajemen kualitas yang dibangun tersebut.