Tempat PKL Jurusan Multimedia di Pekanbaru

Tempat PKL Jurusan Multimedia di PekanbaruTempat PKL Jurusan Multimedia di Pekanbaru, Bagi anda yang memiliki status sebagai pelajar baik itu mahasiswa ataupun siswa mungkin sudah tidak asing ketika mendengar kata PKL. Dimana PKL ini adalah singkatan Praktek Kerja Lapangan, atau istilah lain yang sering disebutkan orang adalah magang.

PKL ini adalah program yang dirancang oleh institusi pendidikan baik itu perguruan tinggi maupun Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Program magang ini memiliki tujuan agar siswa atau mahasiswa bisa mendapatkan pengalaman dunia kerja atau industri. Selain itu mereka yang PKL ini bisa menerapkan atau mempraktekan ilmu yang dimiliki ketika belajar di sekolah atau kampus.

Dengan merasakan langsung pengalaman bekerja di lapangan dan dunia industri diharapkan ketika tamat atau lulus mereka dapat berinteraksi langsung dan memahami bagaimana aturan dalam dunia kerja tersebut. Untuk waktu pelaksanaan magang ini biasanya tergantung kebijakan kampus atau sekolah. Bisa saja pada semester 5 untuk mahasiswa atau ketika duduk di kelas 2 untuk bangku SMK.

Jurusan Multimedia ini adalah dari sekian banyak jurusan yang juga banyak diincar oleh banyak orang. Pasalnya jurusan ini berkaitan dengan teknologi, dimana teknologi ini diperkirakan akan terus berkembang semakin harinya termasuk multimedia. Bidang multimedia ini biasanya mereka bergerak dalam membuat desain bisa desain produk atau membuat iklan animasi dan hal lainnya.

Selain itu jurusan multimedia juga ada kaitannya dengan editing video hingga pembuatan video utuh, sebagaimana kita lihat saat ini keberadaan video menjadi banyak digemari untuk iklan jadi tidak heran jika banyak orang mengincar jurusan ini salah satunya anda.

Ketika memasuki fase magang, jurusan ini mungkin mengalami kendala dalam menemukan tempat yang pas dan sesuai dengan ilmu mereka. Kesulitan tersebut dirasakan karena banyak kampus atau sekolah berlepas diri dalam penentuan tempat magang dalam artian siswa atau mahasiswa diberikan kebebasan memilih sendiri. Sehingga mereka pusing dan kebingungan dan terkadang magang di tempat tidak sesuai dengan jurusan mereka.

Tentu saja akan sangat disayangkan jika hal ini terjadi, dimana tujuan PKL mengaplikasikan ilmu namun tidak sesuai maka akan kesulitan selama magang. Untuk itu menjadi PR besar dan harus diperhatikan bahwa menemukan tempat sesuai jurusan adalah hal paling penting.

Sebelum kita semakin dipusingkan dengan penentuan tempat PKL ini, ada baiknya kita tahu terlebih dahulu tujuan kegiatan tersebut. Berikut beberapa tujuan dari magang ini adalah :

  1. Program ini mampu menambah sekaligus mengembangkan potensi ilmu pengetahuan pada masing-masing mahasiswa/i atau siswa/i yang diperoleh ketika belajar di kampus atau sekolah.
  2. Keterampilan siswa bisa dilatih sehingga mereka bisa dan mampu bekerja secara baik ketika lulus
  3. Memberikan motivasi sehingga mahasiswa/i atau siswa/i yang mengikuti program ini lebih bersemangat dalam meraih cita-cita mereka.
  4. Mengikuti program ini diharapkan sikap tanggung jawab, etika, disiplin, sikap mental yang baik bisa tercipta sekaligus peserta bisa bersosialisasi dalam lingkungan sekitar.
  5. Kreativitas mahasiswa/i atau siswa/i bisa meningkat sekaligus mampu mengembangkan bakat yang ada pada dirinya.
  6. Melatih siswa/i supaya mampu membuat suatu laporan yang detail dari apa saja yang mereka kerjakan selama masa magang atau PKL.

Selain tujuan di atas tentu saja kegiatan ini mempunyai banyak sekali manfaat yang dapat dirasakan langsung oleh siswa / mahasiswa ataupun pihak terkait yang menjalankannya. Secara umum berikut manfaat tersebut :

  1. Wawasan mereka bisa meningkat dan bertambah.
  2. Menjalin hubungan kerja sama yang baik antara perusahaan atau lembaga instansi lainnya dengan pihak sekolah ataupun kampus.
  3. Mendapatkan pengalaman baru dimana hal tersebut bisa dimanfaatkan untuk bekal ketika menghadapi dunia kerja nantinya.
  4. Menumbuhkan rasa kebersamaan dan kekeluargaan antara pihak perusahaan dengan pihak sekolah.

Dalam menemukan tempat magang, memang tidak menjadi hal yang sulit namun mendapatkan tempat magang yang sesuai dengan jurusan tentu menjadi tantangan tersendiri termasuk untuk kamu yang duduk di bangku SMK dengan jurusan Multimedia.

Jurusan multimedia diidentik dengan desain grafis dan visualisasi atau membuat video, itu tentu saja bergelut di depan komputer. Sehingga harus memilih tempat magang yang pas sesuai jurusanlah agar ilmu yang dimiliki bisa tepat dan sesuai. Sebagai bahan pertimbangan tempat yang cocok kamu bisa mencobanya pada perusahaan IT atau media baik itu media cetak maupun online. Bahkan pada industri percetakan juga bisa menjadi opsi untuk bidang studi ini.

INFO WA 085210832769 (EDI)

Tags: