Tips Berjualan di Bazar

umkm indonesiaPortal UKM – Mengikuti saran-saran berjualan biar produk dagangan terjual terkesan sebagai teori. Tetapi sebenarnya, banyak orang yang sukses mengikuti saran dari berjualan ini. Salah satunya ialah mempraktekannya pada saat berjualan di bazar. Menjual di acara bazar banyak dijadikan orang-orang sebagai usaha untuk menambah penghasilan. Menjual barang di bazar dapat dilakukan sewaktu akhir pekan, dan barang-barang apapun bisa dijual di bazar. Pada saat ini pun banyak orang yang tertarik untuk belanja di bazar dengan alasan sudah jenuh dan bosan terus-terusan belanja di mall. Keunikan saat adanya bazar ialah mendadak menjadi penjual, bazar merupakan sebuah tempat trend untuk berbelanja sekalian hiburan, serta bazar ini hanya dilakukan diadakan pada waktu yang ditentukan saja. Dibawah ini akan dijelaskan beberapa tip jika ingin berjualan di bazar:

Melakukan survey lokasi dan penyelenggaraannya

Langkah awal yang dilakukan jika kamu ingin berjualan di bazar agar barang kamu terjual dengan cepat serta tidak memperoleh kerugian ialah dengan cara menyurvei atau mengecek tempat dilakukannya bazar serta penyelenggaraan bazar terlebih dahulu. Jadi, lebih baik dilakukan dahulu pengecekan lokasinya agar kamu mengetahui bagaimana lokasinya. Jika lokasi dan pihak penyelengaraannya jelas, maka kamu juga akan memiliki peluang untuk memperoleh keuntungan.

Menyesuaikan barang yang akan dijual dengan lokasi bazar

Setelah tempat atau lokasi bazar diadakan sudah diketahui, kamu bisa menentukan barang yang akan kamu jual di bazar. Tidak mungkin kamu menjual tas branded tetapi lokasi bazarnya di daerah perkampungan yang mayoritasnya tidak mengetahui soal merek tas branded. Jika kamu tetap gigih untuk ingin menjual barang tersebut, siap-siap saja kamu tidak akan memperoleh keuntungan.

Jangan jual dengan harga yang begitu tinggi

Biasanya jika ingin menjual di bazar biasanya harga barang yang dijual lebih murah dibandingkan barang-barang yang dijual di mall. Sebab kamu tidak memerlukan untuk membayar pajar dan hal lainnya. Kebanyakan orang belanja di bazar karena harganya yang murah. Oleh sebab itu, sebaiknya janganlah menjual barang yang begitu mahal jika kamu menjual barang di bazar. Tidak apa-apa jika keuntungannya sedikit asalkan barang yang kamu jual banyak terjual. Daripada kamu mengambil keuntungan yang besar tetapi barang yang kamu jual tidak laku. Jika begitu kamu akan mengalami kerugian, padahal sudah membayar sewa tempat serta transportasi.

Bikin promo yang menarik

Jika kamu menginginkan keuntungan yang gede maka bikinlah promo semenarik mungkin agar orang tertarik dan mampir ke stand bazar kamu. Misalnya beli 1 gratis atau mendapatkan diskon hingga 75 persen. Dan kamu bisa menggantungkan poster promonya tepat di stand bazar kamu agar bisa dilihat oleh barang orang.

Pandailah menarik perhatian pelanggan

Jika ingin barang dagangganmu cepat terjual jangan hanya menunggu pelanggan untuk datang ke standmu, agresiflah saat berjualan agar barang dagangganmu cepat terjual dan para pelanggan mampir ke stand tempat kamu berjualan. Dengan cara begitu, maka barang dagangganmu akan laris cepat terjual dibandingkan kamu menunggu pelanggan untuk datang.

Niat serta tekad

Kamu harus membulatkan niat serta mentalmu dahulu, maka jika kamu mengalami kerugian atau sesuatu hal yang tidak kamu harapkan terjadi, jangan sampai patah semangat sebab ini namanya juga usaha.

Hitunglah semua modals

Hitung seluruh biaya sewa stand, biaya makannya, serta transportasi. Lalu kemudian hitung juga laba atau keuntungan yang kamu peroleh. Jika biaya sewa stand terlalu mahal, maka sebaiknya kamu mundur dahulu daripada mengalami kerugian, maka sebab itulah kamu harus menghitung semua total biaya yang dikeluarkan terlebih dahulu.

Siapkan uang pecahan

Hal ini dilakukan agar kamu memiliki uang kembalian jika kamu memiliki pelanggan saat melakukan penjualan di event bazar.(Mechy)

Tags: