Traveloka Vs Agoda

traveloka vs agodaTraveloka Vs AgodaKamu yang sangat suka travelling yang mempunyai gaya spontan, ingin pergi sekarang cukup ambil dompet, HP, dan jacket atau memiliki acara untuk berlibur keluar kota dari satu tempat ke tempat lainnya tanpa memilih penginapan terlebih dahulu, langsung berangkat sewaktu sampai tujuan langsung main mengunjungi berbagai tempat, setelah merasa malam dan capek baru memilih tempat penginapan. Pasti diantara kamu ada yang begitu, orang yang tipe begini biasanya terpaksa menginap ditempat yang mahal karena kehabisan kamar.

Tetapi, bagi kamu yang lebih suka membuat planning terlebih dahulu baru pergi travelling, tentu akan memilih tempat penginapan terlebih dahulu, baru setelah itu menata rute perjalanan, bahkan jika kamu baru mengunjungi tempat baru dan tidak tau tempat penginapan yang cocok, pasti kamu akan menggunakan bantuan aplikasi booking layaknya agoda dan traveloka.

Buat kamu yang sudah sering memesan tiket secara online, baik tiket pesawat, tiket kereta, tiket bus, bahkan kamar hotel tentu sudah familiar dengan aplikasi Traveloka dan Agoda. Dengan menggunakan dua buah aplikasi ini kamu akan mendapatkan hotel atau tiket dengan harga yang murah, dan tidak memerlukan cara yang tradisional dalam memesan kedua buah hal tersebut.

Kelebihan & Kekurangan

Untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari masing-masing aplikasi tersebut, maka simak penjelasan berikut ini:

Mereka Sama tapi Tidak Kembar Identik

Dari sisi User Interface aplikasi, kedua aplikasi ini sama-sama memiliki nilai user friendly. Tahap pemesanan sangat dimengerti oleh para pengguna. Tetapi, bagus atau tidaknya tampilan aplikasi itu merupakan perspektif tiap orang yang melihat tampilannya. Traveloka kebanyakan mengadakan harga promo yang bekerja sama dengan bank atau operator seluler, Telkomsel. Sedangkan agoda menggandeng maskapai untuk bahan promonya seperti promo miles penerbangan.

Dari segi user friendly, kedua aplikasi memilih segi tersebut tergantung setiap penggunanya saja yang menikmati tampilan aplikasinya. Seperti bukalapak dan tokopedia, kedua aplikasi ini memiliki penjual dan harga arang yang dijual sama, seperti mencari tas bodypack di bukalapak dan tokopedia, kebanyakan terdapat took atau penjual dan harganya yang sama. Tetapi selera mata konsumen beda-beda da yang menganggap bukalapak lebih gampang, ada juga yang merasa lebih gampang dan enak di tokopedia. Begitu dengan agoda dan traveloka, dari segi user friendly itu hanya selera. Tetapi kedua aplikasi ini memiliki dunia saing yang ketat dalam reservasi aplikasi, seperti harga, produk, kualitas, dan lainnya.

Varian Produk

Jahat jika kita mengatakan bahwa salah satu dari apikasi ini memiliki produk yang tidak lengkap, sebab tiap perusahaan memiliki focus marketnya sendiri, seperti agoda lebih memfokuskan ke fasilitas perjalanan seperti, tiket pesawat, hotel, transportasi bandara, aktivitas liburan, dan lainnya. Sedangkan traveloka lebih focus sendiri ke operasional perjalanan, hampir sama dengan agoda, tetapi traveloka memiliki beberapa fitur penunjang seperti isi pulsa, pembayaran token listrik, tiket nonton di bioskop, kuota internet luar negeri, dan hal lain. Jadi, jika kamu sedang jalan-jalan keluar negeri, kamu tetap bisa bayar tagihan listrik menggunakan aplikasi traveloka dan juga ada menu pesan tiket pesawat beserta kamar penginapan. Pada agoda tiket pesawat dan penginapan dipesan sendiri-sendiri. Belum tentu traveloka lebih lengkap dari agoda, karena setelah dilakukan pengamatan ternyata katalog pada traveloka masih kurang lengkap, ada beberapa penginapan yang murah dan bagus tidak tersediakan pada katalog traveloka.

Untuk membandingkan harga pesan sebuah hotel pada kedua aplikasi tersebut, disini kami akan mencoba mengambil sampel salah satu hotel yang instagramable di sebuah kota di Indonesia. Tanggal pemesanan, tipe kamarnya, serta fasilitas kami samakan agar adil. Disini harga termurah terdapat pada aplikaisi Traveloka, namun tidak dengan agoda. Harga hotel yang kami pesan melalui agoda sangat berbeda jauh dengan traveloka. Hal ini karena agoda belum termasuk biaya pajak dan lainnya. Selanjutnya, akan kami bandingkan melalui operator seluler, yaitu Telkomsel. Kami akan melakukannya melalui menggunakan promo dari MyTelkomsel. Disini kami akan menukarkan 5 poin telkomsel menggunakan aplikasi MyTelkomsel untuk bisa memperoleh promo dari Agoda, tetapi total harga dari agoda masih tetap mahal dibandingkan Traveloka. Untuk pemesan yang menggunakan aplikasi agoda sangat cocok untuk kamu yang suka dengan miles, sebab agoda memberikan promo krisflyer miles.

Tags: