Usaha Potensial di Desa

pengertian ukm naik kelasSaat ini seiring berkembangnya zaman, banyak anak muda di daerah pedesaan yang sudah terkontaminasi oleh gaya hidup yang cenderung mengikuti trend seperti anak muda di kota besar, dan hal ini menyebabkan mereka ingin tampil lebih gaya dan menarik, dan karena hal tersebut juga, tidak jarang anak muda dari kampung pergi ke kota besar dan meninggalkan kampung halamannya untuk mencari rezeki.

Sangat minim sekali pemuda yang tergerak untuk memajukan perekonomian di pedesaan atau di daerah tempat tinggalnya. Rata-rata mereka lebih memilih pergi ke kota dan meninggalkan kampung halamannya, tanpa mereka sadari mereka telah meninggalkan peluang besar usaha yang ada di kampung mereka.

Ketika Anda menganggap jika membuka usaha di daerah pedesaan tidak akan memiliki prospect yang besar, maka Anda salah besar, karena jika Anda bisa menjalankan usaha dengan gigih dan penuh semangat, Insya Allah usaha Anda akan berkembang dengan mudah.

Nah sebagai Anak muda yang bercita-cita untuk mengembangkan jiwa bisnis, mungkin Anda bisa membuka usaha-usaha berikut:

Jual beli produk UKM secara Online Agar Bisa Dijangkau Oleh Semua Kalangan

Sekarang ini, produk kreatif UKM lokal sedang diperhatikan oleh pemerintah.

Anda bisa memasarkan produk UKM secara online sehingga produk Anda bisa terjangkau oleh seorang yang mungkin memiliki masalah atau kendala jarak dan waktu untuk bisa berbelanja. Dan jika Anda ingin menjual Online, Anda harus kreatif dan memiliki karakteristik yang berbeda dengan orang lain yang juga berjualan Online, untuk itu Anda bisa menggunakan sosmed, seperti Ig dll.

Memberdayakan Desa Wisata

Bisnis di bidang Wisata memang sangat menjanjikan, karena Anda bisa memperkenalkan kelebihan desa Anda kepada publik, dan dengan begitu Anda bisa menunjang peningkatan perekonomian desa Anda. Untuk melakukan hal ini, Anda bisa melakukan kerja sama dengan pihak terkait, seperti bekerja sama dengan pemerintah desa, pemuda desa (karang taruna), kementerian kehutanan, kementerian pertanian atau dinas terkait lainnya.

Anda bisa menawarkan wisata alam yang berada di kampung Anda, seperti wisata panorama sawah dll. Dengan begitu, selain Anda bisa meningkatkan pemasukan Anda dari pengunjung, Anda juga bisa menambah pemasukan kampung Anda, karena bisnis ini sangat menjanjikan dengan manfaat potensi alam pedesaan yang ada Anda bisa memperoleh keuntungan dari segi bisnis, selain dari segi bisnis oriented, Anda juga bisa memberdayakan SDM pedesaan dengan melibatkan setiap golongan yang ada di desa untuk membantu mengembangkan bisnis Anda.

Pengembangan Usaha Tani Organik

Untuk mengembangkan usaha tani organik ini membutuhkan lahan yang sesuai dan kondisi yang mendukung. Tanah di daerah pedesaan umumnya subur karena masih jarang yang terkontaminasi oleh asap atau limbah pabrik seperti yang terjadi di kota besar, karena itu daerah yang sesuai dan tepat untuk tempat pengembangan produk pertanian organik adalah daerah pedesaan.

Produk pertanian organik daya siangnya sangat tinggi, karena saat ini produk itu sulit ditemukan, karena itu bisnis ini memiliki potensi yang sangat besar. Masyarakat dunia kini telah sadar bahwa produk organik jauh lebih menyehatkan dan bergizi untuk tubuh dibandingkan dengan produk non organik, karena itu, meskipun harganya lebih mahal dibandingkan dengan produk yang lain, namun masyarakat lebih tertarik dengan produk organik ini. Dengan peminat yang semakin meningkat, menjadikan bisnis ini berpeluang sangat besar dan terbuka lebar.

Usaha Ternak Kambing, Sapi, Ayam Kampung dll

Udara di pedesaan masih identik dengan sejuk dan asri, dan itu sangat cocok jika Anda mengembangkan usaha peternakan. Untuk peternakan di daerah pedesaan umumnya masih dalam skala keluarga, artinya hewan yang di ternak biasanya masih liar di lingkungan rumah saja. Nah, untuk memulai peternakan ke skala yang lebih besar Anda bisa memulai dengan membuat kandang peternakan dulu.

Peternakan di desa sangat sesuai, hal ini karena di daerah desa udaranya masih alami dan sangat cocok untuk usaha ternak, kualitas daging yang di dapat pun lebih bagus, hal ini dikarenakan karena hewan ternak di desa kesehatannya lebih terjaga, lebih rendah lemak, sehingga risiko kerugian yang akan di alami semakin tipis.

Membuka Pertamini (Bensin Eceran)

Di desa bisnis ini sangat lancar, hal ini karena di daerah pedesaan jarak antara Pertamina satu dengan yang lainnya sangat jauh, sehingga sangat disarankan untuk membuka bisnis ini untuk memudahkan masyarakat yang tidak mau jauh-jauh untuk mencari minyak kendaraan mereka.

Membuka Konter Pulsa dan Sekaligus Menjual HP Baru dan Bekas

Saat ini kebutuhan akan pulsa elektrik sudah hampir menjadi kebutuhan pokok, untuk memulai membuka usaha ini, Anda mungkin bisa memulainya dengan menjual pulsa terlebih dahulu dengan saldo yang seadanya, nanti jika pelanggan sudah semakin banyak dan modal anda sudah bertambah, Anda bisa melanjutkannya dengan membuka konter pulsa, menjual kartu atau paket data, HP dan lainnya.

Jasa Rias Pengantin Sekaligus Rental Tenda atau Organ

Seiring berkembangnya IPTEK sekarang ini, banyak masyarakat pedesaan yang meniru style orang kota, termasuk dalam konsep pernikahan. Untuk bisa masuk dalam bisnis ini Anda bisa membuka jasa rias pengantin dan sekaligus paket alat dan fasilitasnya.

Jika Anda tidak memiliki perlengkapan lengkap, seperti tim fotografer dan perlengkapan pelaminan, orgen dll, Anda bisa mengajak orang lain untuk bekerja sama.

Untuk mengurangi modal Anda bisa melakukan kesepakatan dengan orang yang akan mengadakan pesta untuk membayar 50% dari total biaya yang akan mereka bayarkan, dengan modal yang 50% tersebut Anda bias menggunakannya untuk modal Event Organizer.(Nailil)

Tags: